Amplang cemilan lezat dari kalimantan timur

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan timur, kurang lengkap rasanya bila tidak mencoba kulinernya. Salah satunya adalah Amplang.

Apakah Amplang itu? Yuk kita cari tahu !
Amplang adalah salah satu jajanan atau makanan ringan dari Kalimantan timur berupa krupuk yang terbuat dari ikan. Sama seperti kerupuk ikan lainnya, Amplang memiliki rasa ikan yang kental dan gurih. Namun bentuk dari Amplang lonjong dan kecil sebesar jari tangan. Amplang merupakan salah satu makanan ringan yang terkenal, tidak hanya di Kalimantan timur, bahkan sampai beberapa tempat di Kalimantan memproduksi makanan khas satu ini.

Pada proses pembuatannya, Amplang di terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu rempah, dan  ikan tengiri atau ikan sungai lainnya. Amplang di Kalimantan timur sendiri awalnya hanya terbuat dari ikan tengiri dan ikan pipih yang mudah di dapatkan di sungai Mahakam Kalimantan timur. Adonan ikan tersebutlah yang memberikan rasa gurih dan enak. 

Dalam perkembanganya, Amplang tidak hanya terbuat dari ikan tengiri atau ikan pipih, banyak juga yang menggunakan ikan haruan atau ikan gabus sebagai bumbu dasarnya. Namun bahan dasar tersebut sangat mempengaruhi cita rasa dari Amplang yang di buat. 

Gambar : Bentuk amplang
Dalam perkembangannya Amplang memiliki berbagai jenis yang patut di coba, salah satu yang terkenal adalah Amplang kuku macan. Amplang jenis ini bukan berarti terbuat dari kuku macan, tapi bentuknya yang menyerupai kuku macan. Ada juga berbagai rasa seperti rasa pedas, gurih dan rasa bawang. Selain itu jenis Amplang juga terlihat dari bahan dasarnya, ada yang terbuat dari ikan tengiri, ikan pipih dan ikan haruan. Semua itu mempunyai rasa yang berbeda dan patut untuk di coba.

Jika anda berkunjung ke Kalimantan timur, makanan ringan satu ini merupakan makanan yang wajib di cicipi. Makanan ini dapat kita temukan di setiap sudut tempat di Kalimantan timur terutama di samarinda. Selain di makan di sana, kita juga bisa menjadikannya sebagai oleh – oleh karena Amplang merupakan makanan kering yang tahan lama. Tidak hanya di Kalimantan timur, Amplang juga bisa di temukan di berbagai tempat di Kalimantan seperti di Kalimantan selatan, Kalimantan tengah dan Kalimantan barat. Makanan ini menjadi populer dan menyebar luas di Kalimantan karena rasanya yang khas dan di gemari. Kurang lengkap bila berkunjung di Kalimantan tanpa mencicipi makanan satu ini.

Nah, cukup sekian pengenalan tentang Amplang kuliner khas dari Kalimantan timur. Semoga dapat bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner khas di Indonesia

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER KHAS INDONESIA!

Related Posts: