Ayam Cincane Kuliner Tradisional Kalimantan Timur

Untuk anda yang berunjung ke Kalimantan timur, kuliner satu ini tentu juga tidak boleh di lupakan. Namanya adalah Ayam Cincane.


Apakah Ayam Cincane itu? Yuk kita cari tahu.
Ayam Cincane adalah salah salah satu kuliner tradisional dari Kalimantan timur khususnya di Samarinda yang menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Masakan satu ini merupakan salah satu hidangan utama dalam berbagai acara adat di Kalimantan timur. Namun seiring dengan perkembangannya, Ayam Cincane menjadi makanan yang di gemari masyarakat dan menjadi salah satu kuliner tradisional khas di Kalimantan timur.

Dalam proses pembuatannya, Ayam Cincane menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan dasarnya, karena ayam kampung di kenal mempunyai daging yang lebih gurih di banding ayam potong biasanya. Pada saat memasak daging, pertama daging di lumuri dengan air asam jawa dan di diamkan  selama kurang lebih 5 menit. Hal tersebut di lakukan agar dapat menghilangkan bau amis pada ayam. Setelah itu daging ayam tersebut di goreng dengan minyak mentega hingga setengah matang. Ketika sudah setengah matang, daging tersebut di siram dengan santan dan di tunggu sampai santan tersebut mengering dan meresap.

Bumbu dapur yang di gunakan diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe serta lengkuas  yang di haluskan. Setelah bumbu dapur siap maka di tumis bersama daun salam dan batang serai sampai berbau sedap dan berwarna kemerahan. Setelah itu di tambahkan sedikit kecap manis dan masukan daging ayam tadi dan masak hingga matang. Cita rasa dari Ayam Cincane terdapat pada bumbu dan ayam yang di masak tadi. Tentunya masyarakat Kalimantan timur mempunyai resep tersendiri dalam pembuatan sehingga mempunyai cita rasa yang khas dan menggoda selera.

Gambar : tampilan ayam cincane
Dalam penyajiannya, Ayam Cincane biasa di sajikan bersama nasi putih hangat. Sebagai menu pelengkap dalam hidangan ini bisanya juga di tambahkan sambal tomat, selain itu untuk menambah kekuatan rasa pada sambal dapat di tambahkan air perasan jeruk nipis.

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan timur, khususnya Samarinda, kurang lengkap rasanya bila belum mencoba hidangan satu ini. di Samarinda sendiri, Ayam Cincane dapat kita temukan di berbagai warung warung masakan di Samarinda. Cita rasa dari Ayam Cincane tersebut pasti akan memberikan pengalaman yang luar biasa dalam perjalanan anda.

Nah cukup sekian pengenalan tentang Ayam Cincane kuliner tradisional dari Kalimantan timur. Semoga dapat bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIAKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!
.

Related Posts: