Empek - empek Kuliner Tradisional Palembang

Bicara tentang Palembang, maka kurang lengkap rasanya bila belum membicarakan tentang kuliner satu ini. Yupss, Empek - empek Palembang tentunya.
pempek
Apakah Empek - empek itu? Yuk kita cari tahu di sini !
Empek - empek adalah salah satu makanan tradisional Palembang yang terbuat dari sagu dan ikan yang di sajikan dengan saus hitam yang dalam bahasa palembang biasa di sebut cuko. Masih belum jelas tentang asal mula makanan khas satu ini. Namun menurut beberapa sumber, Empek - empek telah ada di Palembang sekitar abad ke -16. Nama Empek - empek di yakini berasal dari sebutan “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. Karena pada saat itu adalah masuknya perantau Cina ke Palembang. Empek - empek di yakini merupakan adaptasi makanan dari Cina yaitu baso ikan,kekian, atau ngohyang.

Pada awalanya Empek - empek terbuat dari ikan balida, dikarenakan semakin langkanya ikan tersebut maka diganti dengan ikan gabus yang mudah di dapatkan oleh masyarakat di sana. Seiring dengan perkembangan, masyarakat mulai menggunakan berbagai jenis ikan sungai seperti ikan putak, toman, dan bujuk. Selain itu juga bisa memakai berbagai jenis ikan laut seperti ikan tenggiri, ikan kakap dan ikan lainnya.

Dalam proses penyajian, Empek - empek di sajikan dengan saus hitam yang di sebut cuko. Cuko ini terbuat dari air yang di masak, kemudian di tambahkan bahan lainnya seperti gula merah, udang ebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Pada awalnya cuko di buat dengan rasa pedas, karena di fungsikan sebagai penambah nafsu makan oleh masyarakat Palembang. Namun seiring dengan perkembangan, cuko juga di buat dengan rasa manis agar dapat mencukupi selera para penikmatnya. Selain menggunakan saus cuko, Empek - empek juga bisa di tabahkan dengan irisan mentimun dan mie kuning sebagai bahan pelengkap saat di santap.

Jenis Empek - empek sangat banyak dan bervariasi, di antaranya adalah Empek - empek kapal selam, Empek - empek lenjer, Empek - empek bulat, Empek - empek kulit ikan, Empek - empek pistel, Empek - empek telur kecil dan Empek - empek keriting. Salah satu yang terkenal adalah Empek - empek kapal selam, yaitu telur ayam yang di bungkus adonan Empek - empek dan di goreng dalam minyak panas. Jenis lainnya pun patut untuk di coba, setiap jenis Empek - empek memiliki cita rasa yang khas.
pempek
Gambar : jenis Empek - empek
Keunikan dalam kuliner satu ini adalah cita rasanya yang khas, dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih memaksa anda ingin terus menikmatinya. Selain itu saus cuko yang khas menambah cita rasa yang lezat bila di padukan dengan Empek - empek tersebut.

Empek - empek bisa kita temukan di seluruh penjuru daerah Palembang. Kita bisa menemukannya di warung pinggir jalan, rumah makan bahkan di pasar. Makanan satu ini seakan tidak dapat lepas dari keseharian masyarakat Palembang. Bagi anda yang mengunjungi daerah Palembang, maka kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi makanan khas satu ini.

Nah, cukup sekian pengenalan tentang kuliner Empek - empek palembang. Semoga dapat bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner khas Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN SELALU KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Baca juga :


Related Posts: