Kesenian Nusantara - Gamelan

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia. Alat musik gamelan bisa kita temukan di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok.


Gamelan adalah alat musik yang menggunakan perpaduan beberapa alat musik seperti gendang, gambang dan gong yang menjadikan suatu suara yang indah saat di mainkan bersama. Nama gamelan sendiri berasal dari kata “Gamel”  yang dalam bahasa jawa berarti memukul/menabuh /memainkan. 
Gamelan sendiri berasal dari adaptasi budaya hindu – budha dan seni asli dari Indonesia pada jaman dahulu yang di kembangkan sampai bentuk yang sekarang. Asal mula gamelan sendiri di tuliskan pada relief candi Borobudur  yang ada di magelang, jawa tengah. Di sana digambarkan beberapa alat musik semisal suling bambu, lonceng, kendhang dalam berbagai ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik. Namun, hanya sedikit ditemukan elemen alat musik logamnya. Gambaran pada relief tersebut menunjukkan bahwa gamelan ada sejak dulu kala.

Gamelan menggunakan empat cara penalaan, yaitu sléndro, pélog, degung dan madenda . Musik Gamelan sekarang ini juga merupakan gabungan dari pengaruh seni luar negeri yang beraneka ragam seperti nada dari Cina, instrumen musik Asia Tenggara, drum band dan gerakan music India, bowed string dari daerah Timur Tengah, bahkan style militer Eropa. Semua itu di kemas menjadi satu kesatuan instrumen dan di mainkan menjadi nada nada yang indah dan enak untuk di dengar.

Dalam fungsinya sendiri, gamelan bisa di gunakan untuk mengiringi berbagai kesenian seperti seni tari, wayang, bahkan acara – acara adat. Dalam perkembangannya gamelan juga di gunakan sebagai grup musik yang mengiringi restoran yang bergaya tradisional. Sehingga nuansa restoran atau hotel yang menggunakan grup music tersebut menjadi kental akan nuansa tradisional Indonesia.

Nah, cukup sekian pengenalan tentang “Kesenian Nusantara Gamelan”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang ragam kesenian Nusantara.

Related Posts: