Kuliner Nusantara - Gudeg

Berbicara tentang gudeg maka tidak bisa di pisahkan dari kota jogja. Ya, karena gudeg merupakan makanan khas Yogjakarta, sehingga kota Yogyakarta di sebut sebagai kotanya gudeg.


Dari jaman dulu sampai sekarang Yogyakarta atau jogja tetap terkenal dengan gudeg sebagai makanan khasnya.
Gudeg adalah makanan tradisional yang terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa serta santan. Di tambah  dengan berbagai bumbu tambahan yang membuat Gudeg menjadi terasa manis  dan memiliki rasa yang khas. pada penyajiannya gudeg biasa di sajikan dengan nasi, ayam, tahu dan tempe, telur rebus dan sambal kracak.

Pada jaman dahulu gudeg adalah makanan khas  kraton Yogyakarta, hingga akhirnya di perkenalkan kepada publik sebagai makanan khas dari Yogyakarta. Pada awalnya gudeg yang di perkenalkan adalah gudeg basah atau gudeg kuah. Namun seiring dengan permintaan para pendatang atau wisatawan yang menginginkan gudeg sebagai oleh – oleh, maka muncul lah variasi baru seperti gudeg kering. Gudeg kering ini tahan lama, sehingga cocok untuk di jadikan oleh – oleh. Ya, memang kurang lengkap rasanya bila datang ke jogja tanpa mencicipi atau membawa masakan khas satu ini sebagai oleh - oleh. 

Selain gudeg basah dan gudeg kering, ada pula yang namanya gudeg manggar. Gudeg satu ini sangat unik, bukan menggunakan nangka sebagai bahan bakunya. Tapi menggunakan manggar atau bunga kelapa sebagai bahan bakunya. Gudeg manggar merupakan salah satu makanan khas dari bantul, Yogyakarta. Sama seperti gudeg lainnya, namun untuk pembuatnya memerlukan waktu yang sedikit lama setidaknya 14 – 16 sampai manggar yang di masak terasa empuk. Biasanya gudeg manggar di masak  di campur dengan ayam agar cita rasa yang di dapatkan lebih enak. Untuk rasa dari gudeg manggar ini sedikit berbeda di bandingkan gudeg nangka, karena rasanya yang gurih tidak seperti gudeg nangka yang manis. Untuk variasi dari gudeg manggar sama seperti gudeg lainnya yaitu gudeg basah dan gudeg kering. 

Untuk Dalam pembuatan gudeg ini termasuk unik, karena proses memasaknya biasa di masak dengan cara tradisional. Untuk masyarakat tradisional biasa memasak menggunakan kendil atau kwali dari tanah liat. Banyak orang yang mengatakan bahwa memasak gudeg dengan cara seperti itu akan menambah cita rasa yang berbeda dan semakin enak dengan tekstur yang empuk dan legit. Sehingga tidak heran bila proses pembuatannya terbilang lama.

Untuk anda yang datang wisata atau berkunjung ke Yogyakarta,  jangan lewatkan masakan khas satu ini. karena banyak orang yang mengatakan bahwa masakan khas satu ini yang membuat kangen akan romantisme kota Yogyakarta.

Nah cukup sekian pembahasan tentang “Kuliner Nusantara - Gudeg“semoga tulisan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda tenteng salah satu warisan kuliner nusantara dari Yogyakarta.

Related Posts: