Kuliner Nusantara - Tempe Penyet


Tempe penyet merupakan salah satu menu kuliner nusantara yang Indonesia banget. Bagi anda pecinta kuliner di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan kuliner satu ini.



Tempe penyet merupakan salah satu makanan khas dari jawa timur. makanan ini terbuat dari tempe yang di goreng dan di lumat dengan sambal.
Sesuai dari namanya yaitu “penyet” yang dalam bahasa jawa di artikan “di tekan atau di tindih”. Ya, maksudnya di sini tempe yang di tindih dan di lumatkan dengan sambal.

Tidak hanya di jawa timur, makanan satu ini bisa kita temukan di berbagai  warung – warung lesehan yang tersebar di Indonesia khususnya di pulau jawa. Dalam perkembangannya tempe penyet telah banyak di modifikasi  dan menyesuaikan selera dari penikmatnya. Berbagai variasi yang bisa kita temukan, diantaranya seperti :
1.       Tempe penyet sambal pedas
Tempe penyet jenis ini memiliki cita rasa sambal yang pedas. Sehingga bagi anda yang suka masakan pedas, mungkin ini salah satu yang cocok buat anda.

2.       Tempe penyet sambal bawang
Tempe penyet jenis ini tergolong salah satu favorit dari para penikmatnya, karena memiliki cita rasa sambal yang manis dengan aroma dan rasa bawang yang menggugah selera.

3.       Tempe penyet krames
Tempe penyet jenis ini memiliki perbedaan pada tempenya yang di goreng krames. Sehingga saat di makan anda akan merasanakan sensasi kriuk pada tempenya.

4.       Tempe penyet uleg
Tempe penyet jenis ini juga memiliki perbedaan pada tempenya, yaitu tempe yang di lumatkan dengan sambal dan daun kemangi lalu di uleg sehingga bumbu pada sambal dan aroma daun kemangi tersebut akan bercampur dengan tempenya sehingga menimbulkan cita rasa yang berbeda.

Tentunya setiap penjual pada warung lesehan biasanya memiliki resep dan cara penyajian yang berbeda sehingga kita harus pintar memilih mana yang pas dengan lidah kita.

Dalam penyajiannya tempe penyet di sajikan dengan nasi hangat, dan menu lalapan seperti daun kemangi, mentimun dan daun kubis. Untuk menyantapnya paling enak apabila kita menambahkan tahu goreng dan terong goreng sebagai menu tambahan. Ya, semua itu tergantung selera kita dalam menikmatinya.Tempe penyet  tergolong makanan yang murah meriah, sehingga dapat di nikmati semua kalangan. Bagi anda yang belum pernah mencicipinya maka anda harus mencobanya sendiri. 


Sekian pembahasan tentangKuliner Nusantara – Tempe Penyet, semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner nusantara kita.

Related Posts: