Ondel - ondel Kesenian Tradisional Ibukota Jakarta

Masih di Jakarta si kota metropolitan. Selain kesenian lenong, masih ada lagi kesenian yang tidak kalah uniknya.
boneka ondel ondel
Ya, ondel – ondel merupakan salah satunya. Nah, apakah ondel – ondel itu? Yuk kita cari tahu!

Ondel – ondel adalah boneka raksasa yang terbuat dari anyaman bambu yang di hiasi dengan pakaian dan pernak pernik asesoris yang membuatnya terlihat seperti manusia. Dalam pertunjukannya boneka ini biasanya di gerakkan oleh seseorang yang ada di dalamnya dengan di iringi musik khas betawi. Pertunjukan ondel – ondel biasanya di diadakan dalam rangka pesta rakyat seperti pesta panen, penyambutan tamu, pernikahan dan dan perayaan resmi lainnya. Sehingga boneka ondel – ondel menjadi salah satu icon besar dalam pesta perayaan ibukota Jakarta.

Boneka ondel – ondel ini di yakini sebagai perwujudan pengabdian terhadap nenek moyang yang menjaga dan melindungi anak cucu mereka. Dalam pementasan ondel – ondel biasanya boneka yang di buat berpasangan yaitu boneka laki – laki dan perempuan. Boneka ondel – ondel di buat layaknya seorang pengantin yang di hiasi dengan pakaian yang indah. 

Dalam pembuatanya boneka ondel – ondel di buat dengan bambu dengan tinggi sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Warna merah pada boneka laki – laki yang melambangkan keberanian yang mencerminkan sifat seorang lelaki yang pemberani. Dan warna putih pada boneka perempuan melambangkan kesucian dan keindahan seorang wanita.

Dalam pertunjukan ondel – ondel biasanya di iringi dengan berbagai kesenian lainnya. Musik yang mengiringi biasanya seperti tajindor, musik rebana, gendang pencak, gambang kromo dan lain – lain. selain di iringi dengan musik, ondel – ondel juga di iringi berbagai kesenian lain yang menjadi ciri khas dari berbagai kampung betawi. Pertunjukan ondel – ondel biasanya di pertunjukan seperti layaknya parade rakyat.

Tidak seperti kesenian lain di Indonesia yang mulai menurun kepopulerannya, ondel – ondel masih menjadi pertunjukan utama di setiap perayaan di ibukota Jakarta. Karena itu kesenian ini menjadi icon kota, sehingga kita masih bisa menemukannya di setiap perayaan di ibukota Jakarta.

Nah, cukup sekian pengenalan tentang “kesenian tradisional –ondel ondel”. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN TERUS KESENIAN TRADISIONAL INDONESIA !

Baca juga : 

Related Posts: