Tari Giring Giring Kalimantan Tengah

Selain tarian yang menggunakan Mandau sebagai attribute dalam tariannya, Kalimantan tengah masih mempunyai kesenian tari yang menggunakan attribute yang unik . salah satunya adalah tari Giring Giring.
kalimantan tengah

Apakah tari Giring Giring itu? Yuk kita cari tahu di sini!
Tari Giring Giring adalah tarian tradisional Dayak Kalimantan tengah yang menggunakan tongkat sebagai attribute dalam tariannya. Tarian ini merupakan tarian yang mengekspresikan kegembiraan dan rasa senang masyarakat dengan cara menari dan memainkan tongkat sebagai media menarinya.

Tarian ini awalnya merupakan tarian yang berasal dari suku Dayak Ma’anyan yang kemudian berkembang dan populer di Kalimantan tengah, terutama di Kabupaten Barito. Nama Giring Giring di ambil dari nama tongkat yang di mainkan oleh para penarinya yaitu tongkat Giring Giring atau biasa di sebut Gangerang oleh masyarakat Kalimantan tengah. 

Gambar : Tari Giring Giring
Dalam tari Giring Giring ada 2 jenis tongkat yang di gunakan yaitu tongkat panjang dan tongkat pendek. Tongkat panjang di pegang tangan kiri yang di gunakan untuk menghentakkan ke lantai. Sedangkan tongkat pendek di pegang tangan kanan dan di mainkan dengan cara di ayunkan. Tongkat pendek tersebut terbuat dari bambu tipis yang di isi dengan biji piding, sehingga menghasilkan suara yang unik apabila di padukan dengan suara hentakan tongkat yang panjang.

Gerakan pada tarian ini sebernarnya cukup sulit karena selain menari, penari juga memainkan tongkat dengan memadukan suara hentakan dan suara dari tongkat pendek tersebut. Sehingga membutuhkan kombinasi dan konsentrasi dalam melakukannya.  Kombinasi suara dan gerakan inilah yang menjadikan keunikan  dan menjadi perhatian para penonton dalam tarian ini. 

 gerakan
Gambar : Gerakan Tari Giring Giring
Dalam tari Giring Giring ini juga di iringi oleh musik pengiring tradisional seperti kangkanung, gendang dan gerantung. Saat penari memainkan tongkat juga harus di padukan dengan musik pengiring. Sehingga harus mendapatkan ritme yang pas agar suara yang di hasilkan terdengar bagus.
Keserasian bunyi hentakan tongkat panjang, getaran biji-biji dalam tongkat kecil, serta gerakan tangan dan kaki yang seirama dengan iringan musik yang energik itulah yang menimbulkan keindahan dan menjadi daya tarik tari Giring-giring.

Dalam perkembangannya, tarian Giring Giring masih tetap di lestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana. Banyak kreasi tambahan yang di lakukan di setiap pertunjukannya, seperti dalam hal gerakan dan busana yang di gunakan dengan tujuan agar pertunjukan tari yang di tampilkan terlihat menarik. Tarian ini bisa kita temukan di acara - acara yang bersifat kegembiraan seperti pesta panen, hajatan, penyambutan tamu besar, acara adat, dan festival budaya di Kalimantan tengah.

Nah sekian pengenalan tentang kesenian Tari Giring Giring , semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang kesenian tari tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA

Baca juga :


Related Posts: