Tari Manasai dari Kalimantan Tengah

Kalimantan tengah sangat terkenal dengan kebudayaan etniknya. Salah satu tarian yang terkenal adalah Tari Manasai.
Apakah Tari Manasai itu? Yuk kita cari tahu di sini.
Tari Manasai adalah salah satu tarian penyambutan tamu yang datang ke kalimantan tengah. Tarian ini biasa di sebut sebagai tarian selamat datang dari kalimantan tengah. Dalam tarian ini melambangkan kegembiraan  masyarakat dalam menyambut para tamu atau wisatawan yang datang.

Dalam pertunjukan Tari Manasai biasanya di lakukan oleh pria dan wanita, dengan barisan yang berselang seling dalam satu lingkaran. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang interaktif dengan mengajak para penonton ikut menari. Siapapun boleh bergabung dalam tari tersebut, dari yang muda sampai yang tua boleh bergabung dalam lingkaran tari tersebut.  Dengan bergabungnya para penonton akan membuat lingkaran tersebut semakin besar. Sehingga para penonton yang ikut menari akan hanyut dalam kemeriahan tarian tersebut.

Gerakan dalam Tari Manasai sebenarnya sangat sederhana dan menyenangkan. Pertama di mulai dengan mengahadap kedalam lingkaran, kemudian berputar ke arah kanan sambil melakukan gerak maju dan berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian menghadap ke luar lingkaran dan berputar lagi kea rah kiri sambil melakukan gerakan maju dan berlawanan dengan arah jarum jam. Begitu seterusnya, para penari menari dengan lemah gemulai dan indah sambil mengikuti irama lagu pengiring yaitu lagu manasai , lagu tradisional kalimantan tengah.
Gambar : Pertunjukan tari masanai
Dalam pertunjukan Tari Manasai biasanya di lengkapi dengan baju adat dan penutup kepala yang di sisipi bulu burung tingang. Selain itu penari juga di lengkapi dengan bahalai atau selendang sebagai attribute menarinya. Dalam pertunjukan Tari Manasai biasanya juga menggunakan guci sebagai media tambahan yang di kelilingi oleh barisan penari. Guci tersebut biasanya di beri hiasan seperti bambu atau hiasan lain yang di ikat dengan selendang.

Tari Manasai sering di pentaskan untuk menyambut para pengujung atau tamu yang datang ke kalimantan. Selain itu tarian ini bisa kita temukan di festival budaya sebagai tarian pembuka.

Nah cukup sekian pengenalan tentang kesenian Tari Manasai dari kalimantan tengah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang kesenian tari tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!

Baca juga :

Related Posts: