Tari Payung Kesenian Tradisional Minangkabau

Selain Tari piring, tanah Minangkabau  masih memiliki berbagai kesenian yang indah, salah satunya adalah Tari payung.
kesenian tradisional minangkabau
Apakah tari payung itu? Yuk kita cari tahu di sini !

Tari payung adalah suatu kesenian tari minangkabau yang menggunakan payung sebagai attribute tariannya.Tari payung ini di mainkan oleh beberapa penari yang saling berpasangan antara  laki - laki  dan perempuan. Gerakan dalam tari payung menggambarkan tentang kasih sayang sepasang kekasih.

Dalam pertunjukan tari payung biasanya di mainkan oleh 3 – 4 pasang penari laki - laki dan perempuan. Payung yang di jadikan attribute tarian ini di bawakan oleh penari laki – laki. Sedangkan attribute  yang di gunakan oleh penari perempuan adalah selendang khas minangkabau. Kostum dalam pertunjukan tari payung pun adalah busana khas minangkabau yang memiliki arti tersendiri dalam setiap coraknya. 

Dalam pertunjukan tari payung diiringi musik pengiring yang bervariasi. Di mulai dengan ritme pelan, namun secara dinamis mulai berpacu cepat seiring dengan gerakan para penari. Tentunya iringan musik tersebut disesuaikan dengan gerakan para penarinya. Alat musik yang di gunakan dalam pertunjukan tari payung biasanya adalah alat musik tradisional seperti gong, rebana, akordion, gendang, dan gamelan khas padang. Nada yang di mainkan dalam musik pengiring ini sangat kental akan nuansa Melayu. Selain di iringi dengan musik pengiring, Tari payung juga di iringi dengan alunan lagu melayu yang bercerita tentang suami istri yang sedang berbulan madu di suatu tempat. Judul lagu pengiring tersebut adalah Babendi-bendi ke Sungai Tanang.

Salah satu keunikan dalam tarian ini adalah filosofi yang terkandung didalamnya. Makna yang terdapat dalam tarian ini adalah perlindungan dan kasih sayang seorang kekasih dalam membina kehidupan rumah tangga. Payung yang di bawakan penari laki – laki merupakan simbol dari bentuk  perlindungan seorang lelaki sebagai pilar utama dalam membina keluarga. Sedangkan selendang yang di gunakan penari wanita adalah symbol dari bentuk ikatan cinta suci yang kuat, penuh akan kesetiaan seorang wanita untuk mendampingi suaminya dalam membina keluarga. Setiap gerakan dalam tarian tersebut tentunya juga memiliki makna tersendiri. 

pertunjukan tari payung
Gambar : Pertunjukan Tari payung
Tari payung awalnya merupakan salah satu pelengkap ritual adat masyarakat minangkabau. Namun seiring perkembangan jaman, tarian ini juga sering di pertunjukkan pada acara – acara lain seperti pesta rakyat, festival budaya, penyambutan tamu dan lain - lain. Selain di alihkan fungsinya, tarian ini sudah banyak di modifikasi dari bentuk klasiknya. Dalam pertunjukan tari payung yang sekarang beberapa gerakan dan kostum yang di gunakan dalam pertunjukan sudah di modifikasi dengan beberapa sentuhan dari para seniman yang ada di sana agar lebih menarik. Tetapi walaupun terdapat beberapa perubahan, tari payung masih tetep menjadi kesenian warisan nenek moyang dan makna yang terdapat di dalamnya masih tetap ada.

Nah, cukup sekian pengenalan tentang “kesenian tradisional – Tari payung”. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang kesenian tradisional di Indonesia.
CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: