Umbut Rotan Kuliner Tradisional Kalimantan Tengah

Rotan yang biasa di gunakan untuk bahan kerajinan ternyata bisa juga di gunakan sebagai bahan masakan. Salah satu masakan yang menggunakan rotan sebagai bahan memasak adalah Umbut Rotan.
Apakah Umbut Rotan itu? Yuk kita cari tahu di sini!
Umbut Rotan adalah salah satu makanan khas suku Dayak yang menggunakan rotan muda sebagai bahan dasarnya. Makanan ini sangat terkenal di masyarakat Dayak, terutama di Kalimantan tengah. Dalam bahasa Dayak Maanyan Umbut Rotan dikenal dengan  uwut nang'e. Sedangkan dalam bahasa Dayak Ngaju dikenal dengan juhu singkah.

Umbut Rotan awalnya di perkenalkan oleh masyarakat suku Dayak dan kemudian menyebar luas di Kalimantan tengah. Umbut Rotan ini sangat mudah di peroleh di hutan atau di tepi sungai, karena itulah masyarakat Dayak menggunakannya sebagai bahan makanannya.

Dalam makanan Umbut Rotan ini menggunakan rotan yang masih muda atau tunas yang tumbuh pada pangkal rotan. Sama seperti rebung pada bambu, tekstur pada rotan muda itu masih kenyal dan tidak keras seperti rotan yang sudah tua. Namun bedanya, Umbut Rotan ini hanya bisa di gunakan sebagai sayur, tidak seperti rebung yang bisa di gunakan sebagai bahan makanan lainnya. Rasa dari rotan muda sedikit pahit dan gurih, sehingga membutuhkan bumbu khusus dalam proses memasaknya.

Pada proses pembuatannya, pertama Umbut Rotan di bersihkan durinya, lalu di kupas dan di buang kulitnya. Bagian dalam yang berwarna putih  dan lunak itu di ambil untuk di potong sesuai selera dan di masak bersama bumbu yang sudah di siapkan. Dalam proses memasak Umbut Rotan ini, bumbu yang di gunakan berupa bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, dan garam. Tentunya bumbu tersebut di olah dengan cara khusus sehingga rasa pada rotan tidak terasa kepahitannya.
Gambar :  Sayur Umbut Rotan
Dalam proses penyajiannya sedikit bervariasi, kita bisa menambahkan bahan tambahan dalam memasak Umbut Rotan tersebut seperti terong asam,cabe,ubi keladi dan tomat. Umbut Rotan ini biasa di sajikan dengan menu tambahan seperti ikan bakar, ikan asin dan sambal. Untuk penyajiannya ini bisa di sesuaikan dengan selera kita.

Rasa dari masakan Umbut Rotan ini sangat unik apa bila kita memakannya dengan menu tambahan tadi. Ada rasa gurih, asam dan sedikit pahit dari sayur Umbut Rotan. Selain itu bila di padukan dengan ikan bakar yang rasanya manis dan sambal yang rasanya pedas maka akan timbul cita rasa yang unik.

Dalam perkembangannya, Umbut Rotan tidak hanya di gunakan untuk makanan pokok masyarakat Dayak saja. namun seiring dengan perkembangan, makanan khas satu ini telah menjadi kuliner tradisional Kalimantan tengah, dan banyak warung makanan khas Kalimantan tengah yang menyediakan Umbut Rotan. maka bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan tengah kurang lengkap rasanya bila belum merasakan makanan khas satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang kuliner tradisional Umbut Rotan dari Kalimantan tengah. Semoga bermanfaat dan menambah referensi  anda tentang kuliner tradisional di Indonesia. 

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL INDONESIA

Baca juga :

Related Posts: