Es Selendang Mayang minuman tradisional Betawi

Salah satu minuman tradisional Betawi satu ini mungkin sangat pas untuk di nikmati saat cuaca panas di kota besar seperti Jakarta. Nama minuman tradisional satu ini adalah Es Selendang Mayang.

Apakah Es Selendang Mayang itu?

Es Selendang Mayang adalah salah satu minuman tradisional Betawi yang menyegarkan. minuman satu ini sangat cocok sekali di sajikan saat cuaca panas atau saat haus. Selain menyegarkan, Es Selendang Mayang juga bisa berguna untuk mengurangi rasa lapar.

Es Selendang Mayang ini dulu sangat terkenal di kalangan masyarakat Betawi.  Minuman satu ini awalnya merupakan salah satu minuman yang di sajikan saat acara tertentu seperti acara lebaran dan acara keluarga lainnya. Namun seiring dengan perkembangan, minuman satu ini mulai tenggelam dan sudah jarang kita temui karena banyak yang menganggap minuman satu ini merupakan minuman kuno.

Es Selendang Mayang ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kuah yang di gunakan terbuat dari bahan seperti air santan, daun pandan, gula merah. Dalam proses pembuatannya, air di masak hingga mendidih, kemudian di masukan daun pandan, garam, dan gula pasir hingga larut, atau bisa juga di tambahkan susu untuk penambah rasa. Kemudian masukan tepung beras dan di aduk dengan cepat hingga tercampur dan merata. Setelah setelah matang kemudian tuangkan kedalam Loyang dan di beri pewarna makanan. Kemudian ratakan perwarna makanan pada adonan tersebut sampai rata, lalu dinginkan hingga mengeras. 

Untuk penyajiannya, setelah adonan dalam Loyang tersebut mengeras, kemudian di potong kecil dan di taruh ke dalam gelas. Kemudian di siram dengan air santan dan air gula merah, tidak lupa tambahkan juga es batu. Selain air santan dan gula merah, pada penyajian Es Selendang Mayang ini ada juga yang menggunakan potongan buah nangka agar menambah cita rasa dan aroma pada es tersebut. 

Dalam perkembangannya, Es Selendang Mayang ini mulai kurang di minati dan jarang di kita temui. Karena sudah dianggap kuno oleh masyarakat, maka tidak banyak orang yang menjajakan minuman tradisional satu ini. Namun bagi anda pecinta kuliner tradisional yang ingin mencicipi, anda masih bisa menemukannya di tempat yang kental akan adat Betawi di Jakarta seperti di kota tua, ragunan dan daerah kemayoran.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Es Selendang Mayang minuman tradisional Betawi”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: