Kerak Telor jajanan khas kota Jakarta

Jajanan khas Betawi satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat terkenal di ibukota Jakarta. Ya, namanya adalah Kerak Telor.


Apakah Kerak Telor itu?


Kerak Telor adalah salah satu jajanan khas Betawi yang terkenal di Jakarta. Kuliner satu ini sering di jajakan di pinggir jalan atau di jual secara keliling. Kerak Telor ini bisa di katakan sebagai fast foodnya Jakarta, karena pada proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kerak Telor ini terbuat dari bahan seperti beras ketan, parutan kelapa, telur, udang ebi, bawang merah, kencur dan jahe. Pada proses pembuatannya, pertama beras ketan yang sudah di rendam dengan air selama 1 malam di sangrai hingga setengah kering. Kemudian bahan campuran seperti telur, bumbu halus, udang ebi, bawang goreng, garam dan gula pasir di kocok sampai rata. Lalu tuangkan campuran bahan tersebut ke wajan yang berisi beras ketan setengah matang tadi. aduk dan ratakan campuran tersebut dan di diamkan sampai matang. Setelah matang wajan tersebut di balik menghadap ke bara api dan tunggu sampai menjadi kerak, lalu di angkat.

Pada proses penyajiannya, Kerak Telor yang sudah jadi tadi disajikan di atas piring. Kemudian taburi Kerak Telor tadi dengan bawang merah dan parutan kelapa yang sudah di sangrai. Pada proses pembuatan Kerak Telor ini tidak menggunakan kompor untuk memasaknya, namun menggunakan anglo dan arang. Karena apa bila menggunakan kompor, saat proses membuat keraknya akan mudah gosong. Apabila menggunakan arang maka panas pada arang tersebut akan merata sehingga tidak mudah gosong dan dapat menjaga cita rasa dari Kerak Telor itu sendiri.
Gambar : Kerak telor
Kerak Telor ini memiliki cita rasa yang gurih dan legit. Makanan ini sudah lama menjadi salah satu makanan khas andalan kota Jakarta terutama masyarakat Betawi. tidak hanya di jual di warung pinggir jalan, jajanan tradisional satu ini sering di jual pada saat acara besar kota Jakarta seperti “pekan raya Jakarta”. Walaupun banyak berbagai makanan di sajikan di sana, namun kerak telur tetap menjadi salah satu makanan yang paling di minati oleh warga Jakarta.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Kerak Telor jajanan khas kota Jakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL INDONESIA !

Related Posts: