Lempok Durian Kuliner Tradisional Dari Kalimantan Barat

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan barat maka kurang lengkap mencicipi kuliner tradisionalnya. Salah satu yang terkenal adalah Lempok durian.

kuliner tradisional kalimantan barat
Apakah Lempok durian itu? Yuk kita cari tahu di sini.

Lempok durian adalah salah satu kuliner tradisional Kalimantan barat seperti dodol yang terbuat dari durian. Jajanan satu ini sangat terkenal dan bisa kita temukan di berbagai kota di Kalimantan barat, terutama di Pontianak.

Lempok durian ini awalnya merupakan pemanfaatan daging durian yang melimpah saat musim panen di Pontianak, sehingga di buat suatu aneka makanan untuk pemanfaatan dari daging durian tersebut agar tidak terbuang sia – sia. Seiring dengan perkembangannya, Lempok mulai berkembang dan menjadi salah satu makanan khas di Kalimantan barat.

Lempok durian sendiri terbuat dari daging buah durian dan gula pasir untuk bahan  pengawet alaminya. Dalam proses pembuatannya, daging durian di keluarkan dan di buang isinya. Setelah itu di campurkan bersama dengan gula secukupnya, lalu di masukan ke dalam kuali dan di masak. Pada proses memasaknya biasanya menggunakan kayu bakar, karena proses pengolahan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk proses memasaknya di butuhkan perhatian penuh, saat memasaknya bahan yang di masukan dalam kuali tadi di aduk terus menerus sehingga dapat matang secara merata. Selain itu api yang di gunakan tidak boleh terlalu besar, karena akan mempengaruhi cita rasa dari Lempok durian tersebut.

Gambar : Penyajian Lempok durian
Cita rasa dari Lempok durian ini sangat unik. Selain aroma durian yang kuat, Lempok durian  memiliki rasa manis dan legit. Selain itu memiliki tekstur yang kenyal membuat sensasi yang berbeda saat di gigit. Lempok durian bisa kita nikmati bersama teh manis dan sangat enak di nikmati saat bersantai. Selain sebagai jajanan khas, Lempok durian bisa kita jadikan oleh – oleh karena lempok merupakan makanan yang tahan lama. 

Lempok durian ini merupakan makanan yang sehat, karena menggunakan gula sebagai pengawet alaminya. Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan barat khususnya di Pontianak, maka kurang lengkap rasanya bila tidak mencoba dan membawa pulang kuliner satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang Lempok durian kuliner tradisional dari Kalimantan barat. semoga bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !


Related Posts: