Nasi Uduk

Selain nasi goreng ada berbagai cara mengolah nasi yang nikmat di Indonesia, salah satu yang terkenal adalah adalah Nasi Uduk.

Apakah Nasi Uduk itu?
Nasi Uduk adalah salah satu kuliner yang terkenal di Indonesia khususnya di ibukota Jakarta. Tidak seperti masakan nasi pada umumnya, Nasi Uduk ini mempunyai rasa yang gurih dan butiran nasinya tidak lengket denagn butiran nasi lainnya. Sehingga saat menyantapnya bersama dengan lauk pauk dan sayuran memiliki cita rasa yang khas.

Pada proses pembuatannya, Nasi Uduk tersebut menggunakan air santan pada proses memasaknya, sehingga menimbulkan rasa gurih dan nikmat. Pada saat memasaknya, beras dimasak bersama santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. Setelah santan kering kemudian nasi di angkat dan di kukus hingga matang. Pada proses pembuatan Nasi Uduk ini, setiap daerah di Indonesia memiliki caranya sendiri sendiri sehingga memiliki cita rasa yang berbeda beda.

Pada penyajiannya, Nasi Uduk ini biasa di sajikan dengan lauk pauk seperti tahu, tempe, sambal, ayam goreng dan taburan bawang goreng. Sebagai menu tambahan bisa di sajikan juga bersama dengan udang goreng, empal, telur dadar, dan juga lalapan. setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki berbagai cara menyajikannya bersama dengan menu tambahan yang berbeda pula.

Gambar : Nasi Uduk
Nasi Uduk di indonesia awalnya sering di sajikan pada saat acara adat seperti pernikahan, acara syukuran dan lain lain. tidak hanya di daerah Jakarta saja, di berbagai tempat di pulau jawa juga menggunakannya sebagai makanan sajian di berbagai acara adat mereka.

Pada saat ini Nasi Uduk tidak hanya di sajikan pada saat acara tradisional saja, namun telah menjadi kuliner yang sangat di gemari dan banyak di perjual belikan di warung pinggir jalan / lesehan. Nasi Uduk ini bisa kita nikmati kapan saja, baik saat sarapan, makan siang atau makan malam. Untuk lauk pauk pendamping Nasi Uduk ini bisa kita tetentukan sesuai dengan selera kita. Biasanya menu pendaping yang di gunakan merupakan menu kering atau tidak berkuah. Karena apabila di makan bersama dengan menu yang berkuah akan mengurangi cita rasa dari Nasi Uduk tersebut.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Nasi Uduk”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional dari Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: