Pisang Goreng Pontianak Jajanan Khas Dari Kalimantan Barat

Bagi anda pecinta pisang goreng, jajanan satu ini tentu tidak boleh di lewatkan apabila anda berkunjung ke Kalimantan Barat. ya, namanya adalah Pisang Goreng Pontianak.

Apakah Pisang Goreng Pontianak itu? Yuk kita cari tahu di sini!

Pisang Goreng Pontianak adalah salah satu jajanan tradisional dari Kalimantan Barat. Pisang Goreng Pontianak ini merupakan suatu kreasi olah pisang goreng yang unik. Kremesnya yang kriuk menjadikan cita rasa yang khas pada jajanan satu ini.

Pisang yang di gunakan pada pisang goreng ini adalah pisang gepok/ pisang kapok. Pisang ini di pilih karena pisang kapok memiliki kadar air yang tidak terlalu banyak di banding pisang lainnya, sehingga cocok untuk di olah sebagai pisang goreng. Selain itu pisang yang di gunakan tidak terlalu masak, karena tingkat kematangan pisang akan mempengaruhi cita rasanya.

Dalam proses pembuatannya, pisang ini di goreng dengan 2 tahap penggorengan. Pertama  pembuatan kremesan, pada tahap ini adonan di goreng dengan minyak yang  panas, sehingga adonan bisa mengembang. Setelah kremesan sudah jadi, baru di masukan pisang yang sudah di bumbui kedalam kremesan tersebut sehingga kremesan bisa menempel pada pisang yang di goreng.

Gambar : Pisang Goreng Pontianak
Keunikan pada Pisang Goreng Pontianak terletak pada kremesan yang menyelimuti pisang tersebut. Sensasi kriuk dari kremesan pisang itu membuat kita tidak berhenti untuk menikmatinya. Namun kremesan yang di gunakan pada pisang goreng ini tidak boleh terlalu banyak, karena apabila kremes terlalu banyak maka rasa manis dari pisang kurang terasa. Selain kremesnya, salah satu keunikan pada pisang goreng ini terletak pada bentuknya. Pengirisan pada pisang di bentuk seperti kipas, sehingga akan terlihat menarik. 

Dalam perkembangannya, Pisang Goreng Pontianak tidak ganya terkenal di daerahnya saja. Namun pisang goreng ini telah menyebar ke kota lain dan menjadi salah satu jajanan faviorit di Indonesia. Seiring perkembangannya, mulai banyak kreasi dalam penyajian pisang goreng satu ini di antaranya di tambahkan berbagai rasa seperti rasa coklat, rasa susu, strawberry, keju dan lain lain.

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan Barat khususnya  di Pontianak, jajanan khas satu ini tentu tidak boleh terlewatkan. Pisang Goreng Pontianak ternyata tidak hanya bisa dimakan di tempat, namun juga bisa di jadikan oleh – oleh. Penjual pisang goreng ini bisanya menggoreng pisang 2 jenis, dengan setengah matang dan matang. Yang mantang bisa tahan hingga 1 hari dan yang setengah matang bisa tahan sampai 4 hari.

Nah cukup sekian pengenalan tentang Pisang Goreng Pontianak jajanan khas dari Kalimantan Barat. semoga bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: