Soto Betawi Kuliner Tradisional Betawi di Jakarta

Ibukota Jakarta tidak hanya terkenal dengan tata kotanya yang modern, namun juga warisannya yang berlimpah, salah satunya adalah kuliner tradisional. Salah satu kuliner tradisional yang terkenal adalah Soto Betawi.

Apakah Soto Betawi itu? 

Soto Betawi adalah salah satu kuliner tradisional Betawi yang terkenal di ibukota Jakarta dan juga Indonesia. Soto yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan soto di Indonesia yang kebanyakan hanya menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Soto Betawi ini selain menggunakan daging sapi juga menggunakan bagian lain seperti jeroan, torpedo, dan beberapa bagian lainya. Selain bahan utamanyan yang unik, Soto Betawi ini juga menggunakan susu dan santan pada kuahnya yang membuat kuah soto ini terasa gurih dan nikmat.

Pada proses pembuatannya, bahan utama yang di gunakan berupa daging, jeroan dan beberpa organ lain sesuai dengan selera kita. Daging dan jeroan tersebut di rebus secara terpisah, karena kaldu yang di gunakan untuk santan biasanya kaldu rebusan daging. Setelah bahan tersebut matang maka di potong kecil kecil. Untuk membuat kuahnya, bumbu yang di gunakan adalah cabai, bawang merah, bawang putih, merica, jahe, jintan, cengkeh, dan garam. Bumbu tersebut di haluskan dan di tumis bersama daun salam dan batang serai hingga matang dan wangi. Setelah itu bumbu tersebut di masukan kedalam air kaldu bersama dengan daging dan jeroan tadi, tidak lupa air susu dan santan yang di aduk sampai matang.

Dalam proses penyajiannya, Soto Betawi biasanya di sajikan  ke dalam mangkuk dengan beberapa bahan tambahan seperti, bawang goreng, irisan tomat, irisan daun bawang dan daun seledri. Soto Betawi ini biasanya di hidangkan bersama nasi, sambal, acar, minyak samin, jeruk nipis dan emping. Bagi anda yang tidak suka dengan jeroan, anda bisa memesan Soto Betawi daging sapi saja. Untuk menikmatinya tentunya bisa di sesuaikan dengan selera kita masing – masing namun tidak mengurangi cita rasa asli dari Soto Betawi tersebut .
Gambar : Soto Betawi
Dalam perkembangannya, Soto Betawi ini telah menjadi salah satu kuliner andalan masyarakat Betawi di ibukota Jakarta. Tidak hanya sebagai kuliner tradisional, Soto Betawi menjadi salah satu kuliner yang digemari dan banyak penjual yang menjajakan kuliner satu ini terutama di ibukota Jakarta. Soto Betawi ini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan bahan utamanya yang bermacam – macam sehingga menimbulkan cita rasa dan sensasi yang berbeda dengan soto lainnya di Indonesia. Tidak hanya dengan bahan daging sapi dan jeroan, banyak juga penjual yang memodifikasinya dengan daging ayam dan kreasi lainnya.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Soto Betawi Kuliner Tradisional Betawi di Jakarta”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA ! 

Related Posts: