Tari Jepin Tarian Tradisional Dari Kalimantan Barat

Kalimantan barat memiliki berbagai kesenian yang menarik. Salah satunya adalah Tari Jepin.

Apakah Tari Jepin itu ? yuk kita cari tahu.
Tari Jepin adalah salah satu kesenian tradisional Kalimantan barat yang di adaptasi dari kesenian melayu, agama islam, dan budaya lokal. Tarian ini merupakan salah satu media penyebaran agama Islam di Kalimantan barat. Tarian jepin merupakan kesenian tari gerak dan lagu yang memiliki arti di setiap gerakannya.

Tari Jepin awalnya merupakan kesenian yang menjadi media dakwah  dalam penyebaran agama islam pada abad ke – 13. Menurut beberapa sumber, tarian ini awalnya di tampilkan di daerah Sambas Kalimantan barat. Kemudian menyebar dan berkembang ke berbagai daerah di Kalimantan barat.

Gerakan dalam tarian ini lebih menekankan pada gerakan kaki dan tangan. Dalam pertunjukannya, gerakan di awali dengan salam pembuka. Setelah itu penari melakukan gerakan yang bertumpu pada gerak kaki yang bergerak berulang – ulang. Dua kaki penari bergerak maju – mundur, ke kiri - ke kanan, dan juga gerakan memutar. Pada awalnya gerakan ini memiliki beberapa aturan, salah satunya adalah penari tidak boleh terlalu mangangkang dan tangan tidak boleh di ayunkan terlalu tinggi. 

Dalam  pertunjukannya Tari Jepin sering di mainkan oleh penari laki laki dan perempuan yang di balut dengan busana khas melayu. Dengan baju lengan panjang dan celana panjang yang di  hiasi balutan kain atau sarung di pinggang mereka. Pada bagian kepala, penari pria biasanya menggunakan penutup kepala seperti peci hitam. Pada penari wanita biasanya di hiasi dengan hiasan pernak – pernik seperti bunga – bunga. 

Gambar : Pertunjukan tari jepin
Pada pertunjukannya, tarian ini di iringi dengan musik tradisional melayu seperti alat musik gambus, perkusi, dan marawis. Selain di iringi dengan musik, tarian ini juga di iringi dengan lagu yang berupa pantun berisi tentang kehidupan sehari – hari dan nilai – nilai dalam ajaran islam. 

Tari Jepin telah berkembang ke berbagai daerah di Kalimantan barat dan menjadi salah satu kesenian daerah di Kalimantan barat. Tari ini tidak hanya sebagai media penyebaran agama, namun juga sebagai kesenian dan hiburan. Seiring dengan perkembangannya, tarian ini telah berkembang dan memiliki berbagai kreasi baru seperti Tari Jepin melayu, jepin lembut, jepin kipas dan jepin tali bui. Meskipun banyak memiliki kreasi baru, namun beberapa tarian tersebut masih tidak meninggalkan pakem aslinya.

Tarian jepin bisa kita temukan di berbagai acara adat melayu di Kalimantan barat seperti pernikahan gaya melayu. Selain itu tarian ini bisa kita temukan di berbagai acara seperti penyambutan tamu besar atau festival budaya.

Nah cukup sekian pengenalan tentang kesenian Tari Jepin dari Kalimantan barat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang  kesenian tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: