Tumis Ale ale Kuliner Tradisional Dari Kalimantan Barat

Salah satu kuliner tradisional yang tidak bisa di lewatkan apa bila berkunjung ke Kalimantan barat adalah Tumis Ale ale.
Apakah tumis ale ale itu? Yuk kita cari tahu di sini.

Tumis Ale ale adalah salah satu kuliner tradisional dari Kalimantan barat. kuliner satu ini merupakan kuliner unggulan di Kalimantan barat. Sesuai dengan namanya tumis ale ale berbahan dasar ale ale, yaitu binatang laut sejenis kerang yang bentuknya seperti remis namun bentuknya lebih kecil. Ale ale yang memiliki cangkang warna putih dan daging berwarna putih bening ini memiliki rasa yang gurih.

Tumis Ale ale ini bisa kita temukan di berbagai warung makan di Kalimantan barat, khususnya di kota Ketapang. Di Ketapang sendiri ale ale menjadi salah satu kuliner khas andalan. Banyak penduduk disana berprofesi sebagai nelayan dan penjual ale ale, sehingga ale ale menjadi ciri khas kota tersebut. 

Ada 2 jenis tumis ale ale yang terkenal di Kalimantan barat, di antaranya adalah tumis ale ale asam pedas dan tumis ale ale bumbu mercon. Bagi pecinta masakan pedas, tumis ale ale bumbu mercon merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Karena kepedasan dalam bumbu mercon tersebut menambah cita rasa yang pas bila di padukan dengan rasa gurih dari ale ale. Tumis ale ale ini bisa kita nikmati  bersama dengan nasi hangat dan tumis kangkung. Selain itu untuk minumannya akan lebih nikmat bila di temani dengan es jeruk Pontianak atau es lidah buaya yang segar. 

Gambar : Tumis Ale ale
Tidak hanya untuk di buat tumis, ale ale bisa di jadikan berbagai variasi makanan yang lezat. di antaranya adalah serundeng ale ale,ale ale kuah kental, ale ale asam garam, sate ale ale dan lain lain. Selain itu cara sederhana untuk menikmati ale ale ini adalah di rebus dengan garam. Selain lezat, ale ale memiliki kadar protein yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kita.

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan barat, khususnya di Ketapang maka akan kurang lengkap bila belum mencicipi kuliner satu ini. Tumis Ale ale ini bisa kita temukan di berbagai warung makan di Ketapang.

Nah cukup sekian pengenalan tentang Tumis Ale ale kuliner tradisional dari Kalimantan barat. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: