Adon Adon Coro Minuman Tradisional dari Jepara, Jawa tengah

Minuman tradisional satu ini sangat pas untuk menemani anda menikmati malam di kota Jepara, Jawa tengah. Namanya adalah Adon Adon Coro.


Apakah Adon Adon Coro itu?

Adon Adon Coro adalah minuman tradisional berupa jamu yang di campur dengan santan dan air gula merah. Adon Adon Coro ini merupakan salah satu minuman tradisional di Jepara, Jawa tengah. Di Jepara, minuman ini sering juga di sebut jamu Adon Adon Coro.

Adon Adon Coro ini merupakan minuman yang terbuat dari rempah rempah seperti merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas dan lain – lain. Dalam penyajiannya, satu sendok jamu tersebut di taruh ke dalam mangkok, lalu di siram dengan wedang jahe dan santan. Adon Adon Coro ini biasanya di sajikan selagi panas/ hangat. Namun ada juga yang menyajikannya sebagai minuman dingin dengan ditambahkan es untuk penyegar.

Sekilas Adon Adon Coro ini hampir sama dengan wedang ronde. Walau pun sama khasiatnya, namun bahan rempah yang di gunakan sedikit berbeda. Gula yang di gunakan pada Adon Adon Coro ini pun menggunakan gula Jawa (gula merah). Selain itu, juga menggunakan santan dan daun pandan untuk penambah rasa pada Adon Adon Coro ini. Tidak lupa potongan kecil kelapa muda yang dapat menambah sensasi saat menikmatinya.

Adon Adon Coro ini tidak hanya menyegarkan, namun juga berfungsi sebagai jamu. Walaupun jamu, namun jamu yang satu ini tidaklah pahit, namun rasanya manis dan sedikit rasa pedas. Minuman ini sangat pas bila kita nikmati saat malam hari, karena rempah - rempah yang ada di Adon Adon Coro ini juga dapat menghangatkan tubuh kita.

Gambar : Adon Adon Coro
Adon Adon Coro ini sangat mudah kita temukan di kota Jepara, salah satunya ada di pelataran sekitar  shopping center Jepara, di sebelah utara alun – alun kota Jepara. Di sana banyak warung – warung yang menyediakan minuman ini bersama dengan minuman khas dari Jepara lainnya. Harga untuk satu mangkuk Adon Adon Coro ini sangat terjangkau. Selain ada dapat menikmati Adon Adon Coro, anda juga bisa menikmati cemilan lain seperti pisang goreng, kacang dan lain – lain. Bagi anda yang berkunjung ke Jepara, Jawa tengah. Tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati minuman tradisional satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Adon Adon Coro Minuman Tradisional dari Jepara, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: