Bandeng Presto Makanan Tradisional Dari Semarang, Jawa Tengah

Makanan tradisional satu ini merupakan salah satu olahan ikan bandeng yang terkenal di Indonesia, terutama di Semarang, Jawa tengah. Namanya adalah Bandeng Presto.

Apakah Bandeng Presto itu?
Bandeng Presto adalah olahan ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan uap air bertekanan tinggi sehingga menghasilkan daging yang empuk dan duri yang lunak. Bandeng Presto merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dari Semarang, Jawa tengah

Bandeng Presto ini awalnya di temukan oleh Hanna Budimulya, seorang yang berasal dari Pati, Jawa tengah. Karena rasanya yang khas dan di gemari oleh masyarakat, kemudian makanan satu ini mulai berkembang dan menjadi salah satu makanan khas kota Semarang.

Pada proses pembuatannya, Bandeng Presto ini awalnya di bumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Kemudian ikah yang sudah dibumbui tersebut dibungkus dengan daun pisang. Setelah dibungkus dengan daun pisang lalu dimasak diletakkan dalam panci yang dapat dikunci rapat sehingga uap air tidak keluar dan ikan yang di masak bisa matang secara merata.

Salah satu keunikan dari ikan bandeng yang di masak denagn cara presto adalah duri ikannya yang menjadi lunak. Sehingga saat menyantapnya,kita tidak perlu memisahkan daging dan duri ikannya. Bandeng Presto sudah jadi kemudian bisa dimasak dengan cara di goreng, goreng tepung, dan bisa dijadikan menu lainnya.
Gambar : Bandeng Presto
Dalam perkembangannya, Bandeng Presto ini awalnya adalah produk usaha kecil – kecilan. Karena banyaknya peminat dari masyarakat. Bandeng Presto telah berkembang dan mulai banyak yang memproduksinya. Selain menjadi salah satu makanan tradisional khas dari kota Semarang, Bandeng Presto ini sering di jadikan oleh – oleh  bagi para wisatawan yang datang ke Semarang Jawa tengah.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Bandeng Presto Makanan Tradisional Dari Semarang, Jawa Tengah”. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: