Batagor Jajanan Khas Kota Bandung, Jawa Barat

Bagi anda yang tinggal di Jawa Barat atau di Kota Bandung, jajanan khas satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Tidak hanya kota asalnya saja, jajanan khas satu ini juga sangat terkenal di Indonesia. Namanya adalah Batagor.

Apakah Batagor itu?  


Batagor adalah salah satu jajanan khas yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Nama Batagor sendiri diambil dari singkatan “bakso tahu goreng”. jajanan satu ini tidak hanya bisa kita jumpai di Kota Bandung saja, namun juga telah menyebar ke berbagai tempat di Indonesia.

Batagor ini berbahan dasar dari daging ikan tengiri, telur, kulit pangsit dan tepung sagu. Untuk bumbu yang di gunakan diantaranya merica, garam, gula pasir, dan bawang putih. Dalam proses pembuatannya, pertama bawang putih, kecap manis, merica, garam dan gula pasir di tumis. Kemudian bumbu tumis tersebut di campur rata dengan ikan tengiri yang sudah di haluskan. Setelah itu masukan telur, sedikit minyak, santan secukupnya, dan tepung sagu. Adonan tersebut di campur sampai rata dan di bungkus dengan kulit pangsit. Terakhir, Batagor yang sudah di bungkus dengan pangsit tersebut di goreng dengan api sedang sampai warnanya kuning kecoklatan dan siap untuk disajikan.

Batagor di sajikan bersama dengan bumbu kacang. Untuk membuat bumbu kacang tersebut bahan yang di butuhkan diantaranya kacang yang di haluskan, cabai, bawang putih, gula, garam, kecap, dan jeruk nipis. Pada proses pembuatannya, pertama bawang putih dan cabai di tumis hingga harum. Kemudian tumisan di atas di haluskan dan di tambahkan garam, gula, kacang halus, dan air secukupnya kemudian di haluskan sampai tingkat kekentalan yang di inginkan.

Gambar : Penyajian Batagor
Untuk penyajiannya, Batagor di siram dengan saus bumbu kacang tesebut. Untuk menambah rasa dari Batagor bisa di tambahkan perasan jeruk limau, jeruk nipis atau bisa juga menggunakan cuka. Selain itu bisa di tambahkan saus pedas, kecap  manis atau sambal. Rasa pedas,  asam, manis, dan gurih yang di padukan dengan rasa ikan tengiri  tersebut membuat cita rasa Batagor ini semakin kaya akan rasa. Selain itu di tambah dengan kenyal dan kriuk Batagor membuat sensasi yang khas dari jajanan khas satu ini.

Jajanan Batagor ini sangat di gemari. Karena selain rasanya yang lezat dan khas, harga dari Batagor ini sangat merakyat dan dapat di jangkau oleh semua kalangan.  Dalam perkembangannya Jajanan Batagor ini tidak hanya di jual dengan cara berkeliling atau warung di pinggir jalan saja. Namun jajanan satu ini juga banyak di jual di tempat nongkrong anak muda, cafĂ© bahkan di Restaurant terkenal sekalipun. Jajanan satu ini tidak hanya kita jumpai di Kota Bandung saja, namun di berbagai tempat di Indonesia juga bisa kita temukan jajanan khas satu ini.

Nah, cukup sekian pengenalan tentang “Batagor Jajanan Khas Kota Bandung,Jawa Barat”. semoga dapat bermanfaat menambah wawasan anda tentang kuliner tradisional  di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: