Botok Telur Asin Makanan Tradisional Dari Demak, Jawa tengah

Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional di Demak, Jawa tengah. Namanya adalah Botok Telur Asin.


Apakah Botok Telur Asin itu?

Botok Telur Asin adalah makanan tradisional yang berbahan dasar telur asin dan di bungkus dengan daun pisang. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Demak, Jawa tengah. Tidak hanya di Demak saja, Botok Telur Asin ini juga telah menyebar di berbagai tempat di indonesia, salah satunya di kota besar seperti Jakarta.

Tidak seperti botok pada umumnya yang menggunakan petai cina sebagai bahan dasarnya, Botok Telur Asin ini menggunakan telur yang sudah diasinkan dan kemudian di jadikan botok. Bahan lain yang di gunakan dalam pembuatan Botok Telur Asin ini diantaranya adalah tahu, parutan kelapa, cabai merah besar, daun salam, cabai rawit merah, dan daun pisang. Selain itu bumbu halus yang di gunakan adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, dan gula merah.

Dalam proses pembuatannya, bumbu halus, tahu, parutan kelapa, dan cabai merah di rebus sampai mendidih dan harum. Bahan tersebut di campur rata dan di taruh pada selembar daun pisang bersama dengan selembar daun salam. Kemudian telur asin yang belum di rebus di pecahkan ke dalam campuran tersebut dan ditambahkan juga satu cabe rawit. Lalu di bungkus dan di semat dengan lidi. Kemudian di kukus dengan api sedang sampai matang.

Botok Telur Asin ini sangat pas bila di sajikan selagi hangat bersama dengan nasi hangat pula. Untuk menambah cita rasa biasanya Botok Telur Asin ini juga di sajikan dengan lalapan seperti daun kemangi, daun seledri dan cabai rawit/ sambal. Rasa gurih Botok Telur Asin yang dipadukan dengan aroma dan rasa dari daun kemangi menambah cita rasa yang khas pada makanan satu ini.

Gambar : Botok Telur Asin
Botok Telur Asin ini bisa kita temukan di Demak, Jawa tengah. Disana banyak warung makan yang menyediakan makanan satu ini. Tidak hanya di Demak saja, makanan ini juga telah menyebar di beberapa kota besar seperti jakarta, semarang, solo dan kota lainnya. Bagi anda yang berkunjung ke kota Demak, maka kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional dari Demak, Jawa tengah ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Botok Telur Asin Makanan Tradisional Dari Demak, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: