Es Dawet Jepara Minuman Tradisional dari Jepara, Jawa tengah

Minuman tradisional satu ini sangat pas untuk dinikmati saat cuaca panas di kota Jepara, Jawa tengah. Namanya adalah Es Dawet Jepara.


Apakah Es Dawet Jepara itu?

Es Dawet Jepara adalah salah satu variasi minuman dawet yang sangat terkenal di indonesia, terutama di Jepara. Es Dawet Jepara ini sedikit berbeda dengan es dawet pada umumnya. Yang membedakan adalah topping atau isi dari dawet tersebut. Minuman ini sangat terkenal di Jepara, sehingga di jadikan salah satu minuman tradisional khas dari Jepara, Jawa tengah.

Selain isinya yang berbeda, bahan dasar yang di gunakan juga berbeda. Es dawet pada umumnya hanya menggunakan tepung beras atau beras ketan saja sebagai bahan dasar membuat dawetnya,namun pada Es Dawet Jepara ini juga menggunakan “tepung sagu aren” sebagai bahan dasar membuat dawetnya.

Bahan dalam membuat Es Dawet Jepara ini diantaranya tepung sagu aren, tepung beras, air, daun suji, dan pewarna hijau. Dalam proses pembuatannya, bahan – bahan tersebut dimasak dan diaduk rata hingga jadi. Kemudian di angkat dan dicetak. Pada bagian kuah gula merahnya terbuat dari bahan gula merah, air dan daun pandan. Pada kuah santannya terbuat dari bahan santan kelapa, garam dan daun pandan. Dalam proses pembuatannya, bahan kuah tersebut direbus secara terpisah sampai matang, kemudian di saring dan di dinginkan.

Dalam penyajiannya, dawet ini biasanya di sajikan bersama topping lainya ke dalam mangkuk dan di siram dengan kuah gula merah dan kuah santan. Topping yang di gunakan bermacam – macam, diantaranya alpukat, durian, nangka, nata de coco dan lain – lain. Salah satu keunikan dalam penyajian Es Dawet Jepara ini adalah mangkuk penyajiannya. Mangkuk yang di gunakan terbuat dari gerabah (tanah liat). Konon katanya, mangkuk dari gerabah ini dapat menambah rasa segar dari Es Dawet Jepara itu sendiri.
Gambar : Es Dawet Jepara
Es Dawet Jepara ini sangat mudah kita temukan di kota Jepara. minuman ini biasanya di jual oleh penjual menggunakan gerobak dorong. Dalam perkembangannya, dawet ini telah di jadikan bisnis waralaba (frenchise). Sehingga Es Dawet Jepara ini telah berkembang dan menyebar ke luar kota Jepara, Jawa tengah. Bagi anda yang berkunjung ke Jepara, maka belum lengkap bela belum menikmati minuman tradisional satu ini.  

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Es Dawet Jepara Minuman Tradisional dari Jepara, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.


CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: