Horok - Horok Makanan Tradisional Dari Jepara, Jawa tengah

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan  tradisional yang hanya terdapat di Jepara, Jawa tengah. Namanya adalah Horok – Horok.


Apakah Horok – Horok itu?

Horok – Horok adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Makanan ini terbilang unik, karena bisa disantap bersama dengan makanan lain seperti Bakso, Pecel, Gulai dan lain – lain. Horok – Horok ini merupakan makanan yang hanya ditemukan di Jepara, dan tidak ada di tempat lain. Sehingga di jadikan makanan tradisional khas dari Jepara, Jawa tengah.

Horok – Horok ini terbuat dari bahan dasar tepung pohon aren. Tepung tersebut bentuknya seperti butiran kecil menyerupai busa styrofoam yang kenyal dan mempunyai rasa sedikit asin. Ada metode khusus dalam pengambilan tepung pada pohon aren ini, yaitu dengan menggunakan Sisir rambut. Dalam proses pembuatanya, tepung aren ini di bersihkan dan kemudian di kukus hingga matang dan kenyal. Kemudian di potong – potong sesuai dengan keinginan.

Konon katanya, dalam proses pembuatan Horok – Horok ini tingkat keberhasilannya tergantung pada suasana hati si pembuat. Jika si pembuat sedang merasa marah atau kesal maka Horok – Horok yang dibuat akan gagal. Sehingga di butuhkan kesabaran dan ketulusan hati saat membuatnya. Selain itu pembuat harus bersih juga secara fisik. Bila tangan si pembuat masih menyisakan bau amis dan memaksakan untuk membuatnya maka Horok – Horok yang dibuat akan cepat membusuk. Sehingga untuk membuat Horok – Horok ini, si pembuat harus hati – hati agar Horok – Horok yang di buat terasa nikmat.

Horok – Horok ini memiliki rasa yang gurih dan memiliki tekstur yang kenyal sehingga memiliki sensasi dan cita rasa yang khas saat kita menyantapnya. Untuk menikmatinya kita bisa menambahkan gula dan air santan sehingga terlihat seperti bubur. Selain itu Horok – Horok ini juga bisa di santap bersama dengan kuah soto, gulai, bakso dan sayur pecel. Bagi masyarakat Jepara, Horok – Horok ini bisa di gunakan sebagai pengganti nasi atau lontong, karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Gambar : Horok - Horok
Horok horok ini dapat kita temukan di Jepara, di sana banyak pejual warung makan yang menyediakan Horok – Horok. Makanan ini sangat di gemari oleh masyarakat di Jepara, selain itu banyak wisatawan memburu makanan satu ini sebagai wisata kuliner mereka. Bagi anda yang berkunjung ke Jepara, Jawa tengah, maka kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Horok – Horok Makanan Tradisional Dari Jepara, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: