Jenang Kudus Jajanan Khas dari Kudus, Jawa tengah

Bagi anda yang berkunjung ke kota Kudus, maka kurang lengkap rasanya bila belum membawa pulang jajanan khas satu ini. Namanya adalah Jenang Kudus.


Apakah Jenang Kudus itu?

Jenang Kudus adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung beras ketan, santan kelapa, dan gula Jawa. Makanan satu ini sekilas hampir sama dengan Dodol Garut, namun memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda. Jenang Kudus ini merupakan salah satu jajanan dan oleh – oleh khas dari Kudus, Jawa tengah.

Jenang Kudus ini terbuat dari bahan dasar seperti tepung beras ketan, santan kelapa, dan gula Jawa. Dalam proses pembuatanya, tepung beras ketan di aduk rata bersama air secukupnya. Kemudian dicampurkan juga gula merah, gula pasir dan wijen. Adonan tersebut dimasak dan diaduk hingga kental dan merata. Setelah matang, Jenang Kudus tersebut di cetak dan didinginkan. Setelah itu kemudian di bungkus dengan plastik.

Dalam proses pembuatannya, Jenang Kudus ini dimasak menggunakan wajan besar. Proses memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu selama 4 jam lebih. Selama dimasak, adonan Jenang Kudus ini selalu diaduk menggunakan kayu yang menyerupai dayung. Cara memasak ini sudah turun temurun dari para leluhur mereka pada jaman dahulu kala. Sehingga keaslian dari Jenang Kudus ini tetap terjaga.

Jenang Kudus ini hampir sama dengan Dodol Garut. Yang membedakan adalah teksturnya, apabila dodol garut sedikit keras, namun pada Jenang Kudus cenderung lebih empuk dan lembut. Selain itu Jenang Kudus memiliki cita rasa manis yang khas. Seiring dengan prekembangannya, banyak pembuat Jenang Kudus yang mulai menginovasi rasa seperti rasa durian, susu, strowbarry, jahe dan lain – lain. Namun masih tetap mempertahankan keaslian warna coklatnya yang terbuat dari gula Jawa.
Gambar : Jenang Kudus
Jenang Kudus sangat mudah ditemukan di toko yang menjual oleh – oleh. Salah satu sentra produksi Jenang Kudus terletak di Desa Kaliputu sebagai daerah asal dari Jenang Kudus. Bagi anda yang berkunjung ke Kudus, Jawa tengah. Tentu kurang lengkap bila belum membawa pulang oleh – oleh satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Jenang Kudus Jajanan Khas dari Kudus, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: