Kuda Renggong kesenian tradisional dari Jawa Barat

Jawa Barat memiliki berbagai kesenian tradisional yang unik. Salah satunya adalah kesenian Kuda Renggong.
Apakah Kuda Renggong itu?


Kuda Renggong adalah salah satu kesenian tradisional dari Jawa Barat yang unik dan atraktif. Kesenian satu ini merupakan kesenian atraksi kuda yang sudah di latih untuk suatu pertunjukan. Kuda Renggong ini sangat terkenal di Jawa Barat, khususnya daerah Sumedang. Nama Kuda Renggong di ambil dari kata ronggeng yang dalam bahasa sunda berarti “keterampilan”.  Sehingga Kuda Renggong dapat di artikan sebagai “keterampilan berkuda”. 

Menurut beberapa seniman, Kuda Renggong ini muncul pertama kali di desa Cukurubuk, kecamatan buah dua, kabupaten Sumedang. Karena menampilkan pertunjukan yang menarik dan di sambut baik oleh masyarakat, maka kesenian ini mulai menyebar ke berbagai tempat di luar kecamatan buah dua bahkan sampai ke luar kabupaten Sumedang.

Gambar : Atraksi Kuda Renggong
Kesenian Kuda Renggong ini biasanya di lakasanakan setelah acara sunatan. Setelah acara, para anak kecil biasanya di hiasi dengan kostum yang unik dan di naikan ke atas Kuda Renggong yang sudah di hiasi dengan pernak pernik sesuai dengan kostum yang di gunakan penunggangnya. Kostum yang di gunakan biasanya seperti kostum wayang, pangeran, pakaian khas sunda, bahkan pakaian pada cerita dongeng. Para anak – anak tersebut kemudian diarak meninggalkan rumahnya dan berkeliling mengelilingi desa. Sepanjang jalan, Kuda Renggong tersebut berjalan dan menari seiring dengan music pengiringnya. Semakin terampil Kuda Renggong menari, maka akan lebih memeriahkan arakan Kuda Renggong tersebut. Music pengiring yang di gunakan pada pertunjukan ini biasanya menggunakan alat music seperti kendang, bedug, gong, terompet, genjring kemprang, ketuk, dan kecrek. Selain dengan music pengiring, juga di iringi dengan tembang / lagu diantaranya Kaleked, Mojang Geulis, Rayak-rayak, Ole-ole Bandung, Kembang Beureum, Kembang Gadung, Jisamsu, dan lain lain.
Gambar : Arak - Arakan Kuda Renggong
Selain pertunjukan setelah acara sunatan, Kuda Renggong juga di tampilkan pada acara festival. Acara festival ini berbeda dengan pertunjukan acara yang di adakan di desa. Dalam acara festival ini biasanya di ikuti oleh beberapa rombongan Kuda Renggong dari berbagai desa. Para rombongan biasanya di kumpulkan pada suatu tempat sebagai area keberangkatan kemudian di lepas satu persatu rombongan yang berjalan menuju rute yang sudah di tentukan. Untuk acara festival ini setiap rombongan kuda ronggeng memiliki kreasi yang berbeda  terutama pada media pertunjukannya, asesoris kuda, kostum dan music pengiringnya.

Dalam perkembangannya, kesenian Kuda Renggong ini telah menjadi icon kesenian khas kabupaten Sumedang di Jawa Barat. Terbukti dengan sering diadakannya festival Kuda Renggong setiap tahunnya. Dalam setiap festival yang diadakan nampak berbagai kreasi yang di buat seperti asesoris kuda, music pengiring, penari dan lain – lain untuk membuat pertunjukan semakin meriah.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Kuda Renggong kesenian tradisional dari Jawa Barat”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: