Lentog Tanjung Makanan Tradisional dari Kudus, Jawa tengah

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dari Kudus, Jawa tengah. Namanya adalah Lentog Tanjung.


Apakah Lentog Tanjung itu?

Lentog Tanjung adalah makanan tradisional yang merupakan kombinasi antara lontong, sayur nangka dan sayur tahu. Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Kudus, Jawa tengah. Lentog Tanjung ini sangat digemari semua kalangan masyarakat di Kudus bahkan para wisatawan yang berkunjung kesana.

kata Lentog Tanjung ini berasal dari gabungan antara ciri makanan dan nama daerah asalnya. Nama Lentog sendiri diambil dari kata pulen dan montog, yang menggambarkan rasa dan bentuk dari lontong yang di gunakan pada Lentog Tanjung ini. Sedangkan kata tanjung adalah nama sebuah desa di Kudus bernama “Tanjung Karang” yang merupakan daerah asal dari lentog itu sendiri.

Makanan ini terbuat dari campuran lontong, sayur nangka, dan sayur tahu. Dalam penyajiannya, lontong di potong kecil – kecil, kemudian di siram dengan sayur nangka muda dan sayur tahu. Untuk menu pelengkapnya bisa di tambahkan sate telur, irisan bakwan dan kerupuk. Makanan ini biasanya di sajikan di atas piring kecil yang sudah dialasi daun pisang. Untuk menambah cita rasa biasanya di taburkan bawang goreng. Selain itu bagi anda yang suka pedas bisa ditambahkan sambal . Lentog Tanjung ini biasanya tidak di santap menggunakan sendok, namun menggunakan Suru, yaitu sendok dari daun pisang.

Meski terlihat sederhana namun Lentog Tanjung ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Rasa gurih dari sayur yang di padukan dengan tekstur lontong yang padat dan pulen membuat sensasi dan cita rasa tersendiri pada Lentog Tanjung ini. Selain itu meskipun porsinya tidak terlalu banyak, namun lentog sayur ini juga sangat mengenyangkan. Sehingga bisa di jadikan sebagai menu sarapan, makan dan siang.
Gambar : Lentog Tanjung
Lentog Tanjung ini sangat mudah di temukan hampir di setiap tempat di Kudus. Salah satu tempat yang terkenal adalah di daerah Tanjung karang. Disana banyak warung makan yang menyediakan menu Lentog Tanjung ini. Bagi anda yang berkunjung ke Kudus, Jawa tengah, maka belum lengkap rasanya bila belum menikmati Lentog Tanjung ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Lentog Tanjung Makanan Tradisional dari Kudus, Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: