Rondo Royal Jajanan Khas dari Jepara, Jawa tengah

Makanan satu ini merupakan jajanan khas yang unik dari Jepara, Jawa tengah. Namanya adalah Rondo Royal.
Apakah Rondo Royal itu?
Rondo Royal adalah makanan tradisional yang terbuat dari tape yang di goreng dengan tepung beras. Makanan satu ini sangat terkenal di Jawa, terutama di Jepara, Jawa tengah. Di Jepara, Rondo Royal ini dijadikan salah satu Jajanan Khas disana.

Satu keunikan dari makanan satu ini adalah namanya, yaitu Rondo Royal. Masih belum jelas asal usul dari nama Rondo Royal tersebut, namun bila kita amati dari kata Rondo Royal tersebut kita bisa sedikit mengerti artinya. Rondo dalam bahasa Jawa bisa di artikan janda, dan royal bisa di artikan mewah. Sehingga bisa diartikan “janda mewah”. Mungkin dulunya makanan ini di temukan oleh seorang janda mewah sehingga di sebut Rondo Royal. Namun dalam bahasa Jawa,kata rondo bisa diambil dari kata “rodo’/rada’  atau “mondo”yang berarti “hampir/sedikit menyerupai”. Sehingga Rondo Royal bisa di artikan “sedikit mewah”. Mungkin dulunya, makanan satu ini merupakan makanan yang terbilang mewah sehingga di sebut Rondo Royal.

Nama tersenbut masih menjadi misteri dan masih belum jelas asal usulnya, namun nama tersebutlah yang menjadi keunikan pada makanan tradisional satu ini yang membuat orang – orang menjadi penasaran bila mendengarnya dan ingin mencoba mencicipinya. Di Jepara bagian selatan, makanan ini juga sering di sebut “Monyos”, namun di daerah lain ada juga yang menyebutnya “Tape Goreng”.

Rondo Royal sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tape dan tepung beras. Dalam proses pembuatannya, tape yang di gunakan adalah tape singkong bukan tape ketan. Tape tersebut kemudian dihancurkan dan dibentuk bulat. Lalu tape tersebut dicelup ke adonan tepung hingga rata dan di goreng. Rondo Royal ini sangat pas bila di sajikan selagi hangat.

Tidak hanya unik dari namanya, makanan satu ini juga memiliki rasa yang unik juga. Perpaduan rasa manis dan asam dari tape dan rasa asin dari tepung beras sangat terasa pada Rondo Royal ini. selain itu rasa kriuk pada bagian luar dan rasa lembut pada bagian dalam menberikan sensasi yang khas saat menikmatinya.
Gambar : Rondo Royal
Rondo Royal ini sangat mudah kita temukan di Jepara, Jawa tengah. banyak penjual yang menjajakannya di pasar ataupun penjual gorengan di pinggir jalan. Tidak hanya di Jepara, rondo telah royal menyebar luas di daerah lain seperti di Jawa tengah, Yogyakarta dan Jawa timur. Bagi anda pecinta kuliner nusantara yang belum pernah menikmatinya, maka kurang lengkap bila belum pernah mencicipi makanan tradisional satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Rondo Royal Jajanan Khas dari Jepara, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: