Tahu Gejrot Jajanan Khas Dari Kota Cirebon, Jawa Barat

Jajanan khas satu ini tidak boleh terlewatkan bagi anda yang sedang berburu kuliner tradisional di Jawa Barat. ya namanya adalah Tahu Gejrot.

Apakah Tahu Gejrot itu?
Tahu Gejrot adalah tahu yang sudah di goreng dan di potong kecil kemudian di sajikan bersama kuah. Tahu Gejrot merupakan salah satu jajanan khas dari kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Makanan satu ini sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya di Cirebon, kita bisa menemukan makanan ini di berbagai daerah seperti di Jakarta, depok, malang, Surabaya dan daerah lainnya.

Konon katanya, Tahu Gejrot ini sudah ada sebelum jaman kemerdekaan. Hingga sampai saat ini makanan satu ini tetap menjadi makanan favorit dan menjadi salah satu jajanan khas kebanggaan masyarakat Cirebon. Di kota Cirebon sendiri, penjual Tahu Gejrot sangat mudah di temui. Para penjual biasanya menjual dengan cara berkeliling menggunakan pikulan, selain itu ada juga yang menggunakan tampah yang di taruh di kepala.  

Tahu gerjrot merupakan makanan yang berbahan dasar tahu yang sudah dibumbui dan digoreng sebelumnya. Untuk tahu yang di buat biasanya menggunakan  tahu sumedang, namun ada juga yang menggunakan tahu pong.Dalam proses pembuatannya, pertama tahu di redam di dalam air yang sudah diberi garam. Setelah meresap, tahu tersebut di goreng hingga matang. Untuk penyajiaannya, tahu gerjrot di sajikan dengan kuah saus yang terbuat dari bumbu halus seperti bawang putih, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, dan garam. Selain itu juga menggunakan air asam, air putih dan kecap manis. Dalam proses pembuatan kuah saus ini, bumbu halus tadi di masak lalu masukan air putih, air asam dan kecap secukupnya, lalu di masak hingga mendidih.  

Dalam proses penyajiannya, Tahu Gejrot biasanya di sajikan di atas piring. Kemudian di siram dengan kuah saus tadi dan di taburi bawang goreng untuk penambah cita rasa. Untuk menikmatinya biasanya tidak menggunakan sendok, namun menggunakan lidi kecil kemudian di tusuk ke bagian tahu yang di potong – potong itu. Rasa tahu yang bercampur dengan kuah saus memberikan sensasi dan cita rasa yang khas sehingga banyak di gemari oleh masyarakat sebagai makan ringan yang lezat. Tahu Gejrot ini merupakan sajian olahan tahu yang unik. Sehingga bisa di jadikan alternatif untuk membuat menu berbahan tahu yang sederhana namun rasanya nikmat.

Gambar : Tahu Gejrot
Dalam perkembangannya, Tahu Gejrot merupakan salah satu jajanan khas kabupaten Cirebon yang tidak pernah punah seiring dengan bergantinya jaman. Jajanan satu ini sangat di gemari oleh masyarakat di sana, tarbukti dengan masih banyaknya penjual Tahu Gejrot di kota Cirebon. Tidak hanya itu, Tahu Gejrot ini juga telah menyebar di berbagai daerah di Indonesia karena cita rasanya yang Indonesia banget.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Tahu Gejrot Jajanan Khas Dari Kota Cirebon,Jawa Barat“. semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: