Tahu Gimbal Makanan Tradisional dari Semarang, Jawa tengah

Makanan tradisional satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal di Semarang, Jawa tengah. Namanya adalah Tahu Gimbal.

Apakah Tahu Gimbal itu?
Tahu Gimbal adalah makanan tradisional yang terdiri dari tahu goreng, irisan kubis, lontong, taoge, telur dan gimbal yang di campur dengan bumbu kacang. Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Khususnya di Semarang, Jawa tengah, yang menjadikan Tahu Gimbal sebagai salah satu makanan khasnya.

Tahu Gimbal ini berbahan dasar tahu goreng, irisan kol/ kubis, lontong, taoge, telur goreng dan gimbal. gimbal sendiri merupakan udang yang di goreng dengan tepung, bentuknya sepert “Bakwan Udang”. Dalam proses penyajiannya, lontong dan gimbal di potong kecil dan di masukan dalam piring. Masukan juga bahan lainnya seperti irisan kol, taoge, dan telur goreng di atasnya. Kemudian di siram dengan bumbu kacang. Untuk penyedap saat menyantapnya, kita bisa menambahkan bawang goreng, irisan daun bawang, kecap dan sambal. Penyedap tersebut tentunya kita sesuaikan dengan selera kita sendiri. Selain itu untuk menyantapnya sangat pas bila kita santap bersama kerupuk.

Tahu Gimbal ini sekilas hampir seperti Pecel, namun yang membedakan adalah bahan yang di gunakan. Pada Tahu Gimbal ini tidak menggunakan sayuran lengkap seperti pecel, namun hanya menggunakan taoge dan irisan kubis/ Kol. Selain itu yang menjadi ciri khas dari Tahu Gimbal ini adalah gimbal (bakwan udang). Walaupun sama - sama menggunakan bumbu kacang, namun bumbu kacang pada Tahu Gimbal ini lebih encer. Selain itu saus kacang tersebut juga menggunakan Petis Udang, sehingga memberikan cita rasa yang khas.

Gambar : Tahu Gimbal
Tahu Gimbal ini sangat mudah kita temukan di Semarang, Jawa tengah. Karena banyaknya para penjual yang menjajakan baik pedagang kaki lima ataupun warung makan. Apa bila anda berkunjung ke Semarang dan ini menikmatinya, anda bisa mencari di daerah taman Semarang/ taman KB, tidak jauh dari simpanglima. Selain itu ada juga di sepanjang jalan pahlawan dan depan masjid Baiturrahman, Semarang. Di sana banyak penjual yang menjajakan Tahu Gimbal tersebut. 

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Tahu Gimbal Makanan Tradisional dari Semarang, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: