Wedang Pekak Minuman Tradisional dari Demak, Jawa tengah

Minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional yang sangat terkenal di Demak, Jawa tengah. Namanya adalah Wedang Pekak.


Apakah Wedang Pekak itu?

Wedang Pekak adalah minuman tradisional yang dapat menghangatkan badan. Minuman ini sangat cocok di minum ketika malam hari atau cuaca dingin. Wedang Pekak ini merupakan salah satu minuman tradisional dari Demak, Jawa tengah. Minuman ini dinamakan Wedang Pekak karena menggunakan daun pekak sebagai bahan utamanya.

Wedang Pekak ini sekilas seperti wedang jahe, namun yang membedakan adalah bahannya yang menggunakan gula putih, serai, daun pandan, cengkeh, daun pekak, jahe, merica bubuk, dan kayu manis. Dalam proses pembuatannya, semua bahan di rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih di aduk sampai rata, lalu di angkat dan di saring.

Dalam penyajiannya, biasanya di sajikan dalam keadaan masih hangat atau panas. Pada penyajian ini, bagi anda yang tidak terlalu suka gula pasir bisa juga menggunakan gula merah atau gula batu. Selain itu untuk menambah rasa minuman ini juga bisa di kombinasikan dengan teh, air jeruk nipis, kopi, dan susu. Kombinasi tersebut bisa di sesuai kan dengan selera anda.

Wedang Pekak ini sangat cocok di nikmati pada malam hari dan pada saat cuaca hujan atau dingin. Wedang Pekak ini memiliki rasa yang unik, selain rasa manis juga ada sedikit rasa pedas dari bahan rempah – rempah. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, minuman ini juga sangat menyehatkan.
Gambar : Wedang Pekak
Wedang Pekak ini mudah kita temukan di daerah Demak, Jawa tengah. biasanya di jajakan dengan menggunakan gerobak atau warung minuman di pinggir jalan. Bagi anda yang berkunjung ke daerah Demak, Wedang Pekak ini bisa di jadikan pilihan untuk menemani anda menikmati malam di kota Demak, Jawa tengah.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Wedang Pekak Minuman Tradisional dari Demak, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!



Related Posts: