Bakmi Jawa Makanan Tradisional dari Yogyakarta

Makanan tradisional satu ini merupakan masakan mie yang khas dari Yogyakarta. namanya adalah Bakmi Jawa.
Apakah Bakmi Jawa itu?

Bakmi Jawa adalah makanan tradisional sejenis mie yang dimasak dengan bumbu khusus khas jawa. Makanan satu ini sekilas hampir sama dengan bakmi / mie pada umumnya, namun Bakmi Jawa ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan berbeda dengan masakan mie lainya. Makanan tradisional satu ini sangat terkenal dan menjadi salah satu makanan tradisional khas dari Yogyakarta.

Bakmi Jawa ini memiliki rasa yang sangat khas, terutama pada rasa bumbu pada kuahnya sangat halus, sehingga terasa menyegarkan. Bakmi Jawa ini biasanya di buat dengan alat tradisional, yaitu menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan bahan bakarnya menggunakan arang. Untuk menyajikan Bakmi Jawa ini, biasanya penjual memasaknya satu persatu setiap porsinya. Hal ini dilakukan agar hasil masakan lebih maksimal dan bumbu yang di berikan tidak berlebihan. Sehingga cita rasa dari Bakmi Jawa tersebut tetap terjaga.
Gambar : Bakmi Jawa Godog
Dalam penyajiannya, Bakmi Jawa biasanya juga dimasak dengan bahan tambahan seperti suwiran daging ayam kampung, telur bebek, sawi hijau, potongan kol, daun bawang dan lain – lain. Untuk menambah rasa biasanya ditambahkan irisan seledri dan bawang goreng.

Dalam penyajiannya, Bakmi Jawa ini biasanya disajikan dalam dua jenis, yaitu Bakmi Jawa Godog atau Bakmi Jawa Goreng. Bakmi Jawa godog sendiri merupakan Bakmi Jawa yang berkuah, sedangkan Bakmi Jawa Goreng merupakan Bakmi Jawa yang dimasak dengan cara di goreng. Kedua jenis bakmi tersebut di masak dengan cara khusus sehingga memiliki keistimewaan tersendiri dalam rasanya.
Gambar : Bakmi Godog Goreng
Bakmi Jawa ini memiliki rasa yang sudah tidak diragukan lagi, terbukti dengan beberapa tokoh besar di indonesia yang kabarnya sangat menyukai makanan khas satu ini seperti Presiden Soeharto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bakmi Jawa ini banyak tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta. Beberapa warung yang terkenal diantaranya Bakmi Jawa kadin, Bakmi Jawa mbah wito, Bakmi Jawa mbah hadi, Bakmi Jawa pak pele dan lain – lain. bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, Bakmi Jawa ini bisa jadi pilihan bagi anda untuk menikmati makanan tradisional dari Yogyakarta.

Cukup sekian pengenalan tentang “Bakmi Jawa Makanan Tradisional dari Yogyakarta”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !


Related Posts: