Clorot Jajanan Khas dari Purworejo, Jawa tengah

Makanan satu ini merupakan jajanan khas yang sangat unik dari Purworejo, Jawa tengah. Namanya adalah Clorot.

Apakah Clorot itu?

Clorot adalah makanan khas yang terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang di kukus. Makanan ini merupakan salah satu jajanan khas dari Purworejo, Jawa tengah. Makanan ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Purworejo saja, namun juga para wisatawan yang berkunjung kesana untuk dijadikan oleh – oleh atau dinikmati di sana.

Clorot ini sangat unik, rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal memberikan cita rasa yang khas pada Clorot ini. Dalam proses pembuatannya, gula merah, garam, pandan, dicampur bersama air santan, kemudian dimasak sambil diaduk rata. Setelah itu tuangkan campuran santan tadi ke wadah yang berisi tepung beras, kemudian diaduk hingga rata. Kemudian tuangkan adonan kedalam bungkus yang terbuat dari daun kelapa atau janur yang sudah di bentuk kerucut. Lalu di kukus hingga matang.

Selain rasanya yang khas, kemasan untuk membungkus Clorot ini juga sangat unik. Bungkus Clorot ini terbuat dari daun kelapa muda yang di buat kerucut, melingkar dan memanjang. Sehingga tengahnya dapat di isi adonan. Dalam pembuatan bungkus Clorot, daun kelapa di putar ujungnya hingga berbentuk kerucut. Pada bagian bawah harus rapat agar tidak bocor saat di tuangkan adonan. Pada bagian atas disemat agar tidak lepas dan hancur bentuknya.

Clorot ini sangat pas bila di sajikan selagi hangat. Bagi anda yang belum pernah menikmatinya, mungkin akan bingung cara menyantapnya karena bungkusan yang unik tadi. Untuk menyantapnya, kita harus menekan bagian bawah kerucut menggunakan jari. Setelah isinya keluar, baru kita bisa menyantapnya.
Gambar : Clorot Khas Purworejo
Clorot ini biasanya di sajikan oleh masyarakat Purworejo untuk acara seperti pernikahan, kelahiran, khitanan dan lain – lain. Selain itu Clorot ini banyak di jual di pasar – pasar tradisional, salah satunya di daerah kecamatan Grabag, Purworejo. Bagi anda yang berkunjung ke Purworejo, Jawa tengah. tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati jajanan khas yang sangat unik ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Clorot Jajanan Khas dari Purworejo,Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: