Dawet Ireng Minuman Tradisional dari Purworejo, Jawa tengah

Minuman tradisional satu ini merupakan minuman jenis dawet yang khas dari Purworejo, Jawa tengah. Namanya adalah Dawet Ireng.


Apakah Dawet Ireng itu?

Dawet Ireng adalah jenis minuman dawet khas dari Purworejo, Jawa tengah. dawet yang satu ini berbeda dari dawet biasanya, apabila dawet umumnya berwarna hijau atau putih, namun Dawet Ireng ini memiliki warna hitam. Dawet Ireng ini merupakan salah satu minuman tradisional khas dari Purworejo, Jawa tengah.

Dawet Ireng ini berasal dari daerah Butuh, Purworejo, Jawa tengah. Dawet ini dinamakan Dawet Ireng karena dawet yang di gunakan berwarna hitam. Sesuai dengan warnanya sehingga dinamakan Dawet Ireng, yang dalam bahasa Jawa berarti “Dawet Hitam”. Dawet ini berwarna hitam karena menggunakan air abu sebagai pewarnanya. Air abu tersebut merupakan hasil dari jerami yang sudah dibakar, kemudian abunya diambil dan dicampur dengan air sehingga airnya berwarna hitam. sehingga air abu tersebut menjadi pewarna alami untuk cendol ireng ini.

Dalam proses pembuatannya Dawet Ireng ini hampir sama dengan dawet lainnya, yaitu menggunakan tepung sagu. Untuk menyajikannya, dawet di sajikan dalam mangkuk atau gelas, kemudian di siram dengan santan kelapa dan air gula aren atau gula Jawa. Dalam penyajiannya, jumlah dawetnya lebih banyak di bandingkan kuahnya, sehingga sangat mengenyangkan bila kita menyantapnya. Selain itu untuk air santan kelapa, biasanya di peras secara langsung sehingga memiliki kesegaran yang berbeda dengan es dawet lainnya.

Untuk rasa dari Dawet Ireng ini sangat manis dan menyegarkan. Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca panas dengan di tambahkan es batu akan menambah kesegaran pada Dawet Ireng ini. Karena rasanya yang nikmat, Dawet Ireng ini tidak hanya terkenal di Purworejo saja, namun juga sudah menyebar ke berbagai daerah di pulau Jawa.

Gambar : Dawet Ireng
Di Purworejo sendiri, Dawet Ireng ini sangat mudah di temukan. Disana banyak warung Dawet Ireng yang menjajakan Dawet Ireng ini di pinggir jalan raya Purworejo. Bagi anda yang berkunjung ke Purworejo, Jawa tengah. Tentu kurang lengkap bila belum menikmati minuman tradisional yang menyegarkan satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Dawet Ireng Minuman Tradisionaldari Purworejo, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: