Geblek Makanan Tradisional dari Kulon Progo, Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan khas dari Kulon Progo yang sangat terkenal. Namanya adalah Geblek.


Apakah Geblek itu?

Geblek merupakan makanan khas dari Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka. Makanan ini memiliki ciri khas dari bentuknya yang bulat  membentuk angka delapan dan teksturnya yang kenyal tapi nikmat. Geblek ini sangat terkenal di Kulon Progo dan sekitarnya, sehingga di jadikan salah satu icon kuliner di sana.

Geblek ini di buat dengan bahan yang cukup sederhana, yaitu dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana, namun proses membuatannya membutuhkan ketelatenan yang cukup. Dalam proses pembuatannya, pertama tepung kanji kukus sampai memadat dan tidak sampai matang. Kemudian  ditiriskan dan diplintir berbentuk lonjong dan dibumbui dengan garam. Lalu dikukus lagi sebentar, sekitar kurang lebih 10 menit. Kemudian ditiriskan lagi dan dibumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah itu dibentuk seperti angka delapan dan digoreng.

Geblek ini sangat cocok bila disajikan selagi hangat. Karena bila lebih dari satu jam akan terasa keras dan sangat alot. Namun apabila disajikan selagi hangat, Geblek ini akan terasa kering dibagian luar dan terasa kenyal di bagian dalam. Rasa dari Geblek ini sangat khas,rasanya yang gurih dipadukan dengan tekturnya, memberikan sensasi dan cita rasa yang khas pada makanan satu ini.

Untuk menikmati Geblek ini kita juga bisa menyantapnya bersama dengan Besengek Tempe Benguk. Perpaduan rasa gurih yang sangat khas ini tentu memberikan cita rasa tersendiri pada makanan khas satu ini. Geblek ini juga sangat cocok untuk menemani kita bersantai bersama teman atau keluarga sambil meminum segelas Teh hangat

Dalam perkembangannya, makanan ini telah di kembangkan dengan berbagai kreasi seperti penyajiannya dan juga dalam hal tampilan. Geblek yang awalnya hanya berwarna putih, kini juga telah dikreasikan dalam berbagai warna sehingga terlihat menarik. Geblek ini juga bisa dijadikan sebagai oleh – oleh bagi anda yang berkunjung atau berwisata kesana. Makanan ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, sekitar empat hari walaupun tanpa bahan pengawet.
Gambar : Geblek dan Tempe Benguk
Geblek ini sangat mudah kita temukan di pasar – pasar tradisional di Kulon Progo, Yogyakarta. Disana banyak yang menjajakan makanan ini. Namun biasanya yang di jajakan adalah Geblek yang belum di goreng, sehingga kita harus menggorengnya dulu dan menikmatinya selagi hangat. Nah bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, khususnya Kulon Progo. Tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati atau membawa pulang makanan tradisional satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Geblek Makanan Tradisional dari Kulon Progo, Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.


YUK CINTAI DAN LESTRIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: