Geplak Makanan Khas dari Bantul, Yogyakarta

Bagi anda pecinta makanan manis, makanan khas dari Bantul satu ini tentu wajib untuk di coba. Namanya adalah Geplak.


Apakah Geplak itu?

Geplak adalah salah satu makanan khas dari Bantul, Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa dan gula merah atau gula pasir. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas membuat makanan ini sangat di gemari oleh masyarakat, bahkan  para wisatawan yang datang dan menjadikannya sebagai oleh – oleh. Geplak ini merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal dan di jadikan sebagai  salah satu icon kuliner kota Bantul, Yogyakarta.

Geplak ini memiliki ciri khas dengan bentuknya yang bulat dan warnanya yang berwarna – warni. selain itu rasa parutan kelapa dan rasanya yang manis memberikan cita rasa khas pada makanan satu ini. Dalam proses pembuatan Geplak ini, pertama daging kelapa direndam kedalam air kelapa sampai minyaknya hilang. Kemudian daging kelapa itu dicuci bersih dan di parut. Parutan tersebut kemudian dimasak bersama dengan gula dan juga pewarna makanan. Kemudian didinginkan dan di bentuk bulat dan di kemas.

Geplak ini biasanya di kemas menggunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu. Dalam satu kemasan besek biasanya berisi banyak Geplak yang berwarna – warni. Pada awalnya, Geplak ini hanya terdapat dua warna, yaitu putih dan coklat. Untuk warna putih biasanya menggunakan gula tebu, sedangkan yang berwarna coklat biasanya terbuat dari gula jawa.

Seiring dengan perkembangannya, mulai banyak kreasi baru dari segi warna dan juga rasa dalam memproduksi makanan ini. Warna Geplak yang awalnya hanya dua warna, kini menjadi berbagai warna seperti merah, kuning, hijau, putih dan coklat. Selain itu dalam segi rasa Geplak yang awalnya hanya rasa gula tebu dan gula jawa, kini juga di tambahkan beberbagai rasa seperti rasa jahe, kacang, strawbarry, durian dan lain – lain.
Gambar : Geplak
Geplak ini sangat mudah kita temukan di Bantul ataupun di Yogyakarta. Disana banyak toko oleh - oleh yang menjajakan makanan satu ini. Selain toko oleh – oleh, banyak juga industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Setiap penjual biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam segi rasa atau kemasannya. Nah bagi anda yang berkunjung ke Bantul, Yogyakarta. tentu kurang lengkap bila belum membawa makanan khas Bantul satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Geplak Makanan Khas dari Bantul, Yogyakarta”. semoga  bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.


YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIOANAL DI INDONESIA!

Related Posts: