Getuk Goreng Jajanan Khas dari Banyumas, Jawa tengah

Bagi anda yang berkunjung ke Banyumas, Jawa tengah, tentu kurang lengkap rasanya bila belum membawa oleh – oleh satu ini. Namanya adalah Getuk Goreng.


Apakah Getuk Goreng itu?

Getuk Goreng adalah makanan tradisional jenis getuk yang di goreng. Getuk sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dibumbui gula merah atau gula kelapa. Getuk Goreng ini merupakan jajanan khas dari daerah Sokaraja, Banyumas. Makanan satu ini sangat terkanal, sehingga Getuk Goreng ini sering di jadikan oleh – oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banyumas.

Menurut sejarahnya, makanan unik ini awalnya di temukan secara tidak sengaja oleh Sanpirngad seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja pada sekitar tahun 1918. Pada saat itu dia berjualan, namun getuk yang dia jual tidak laku. Sehingga dia mulai mencari ide agar getuk tersebut masih bisa di konsumsi lagi. Lalu dia mencoba menggoreng sisa getuk tersebut dan menjualnya lagi. Dan ternyata dari Getuk Goreng tersebut dia mendapat respon positif dari masyarakat. Ternyata Getuk Goreng yang dia jual sangat diminati oleh masyarakat yang membeli.

Dari situlah Sanpirngad mulai melanjutkan bisnis Getuk Gorengnya. Karena rasanya yang unik, makanan ini mulai di kenal oleh masyarakat luas, hingga sekarang bisnis Getuk Goreng ini telah berkembang dan banyak orang yang mulai memproduksi Getuk Goreng ini selain dari keturunan dari Sanpirngad sendiri. Selain itu Getuk Goreng ini telah menjadi salah satu jajanan khas yang terkenal dari Sokaraja, Banyumas, Jawa tengah.

Rasa dari Getuk Goreng ini sangat unik. Rasa manis dari gula merah yang bercampur dengan rasa gurih dari singkong ini memberikan cita rasa yang khas. Selain itu teksturnya yang kenyal dan legit ini memberikan sesasi tersendiri saat kita menikmatinya. Dalam perkembangannya, kini mulai banyak inovasi rasa yang telah di kembangkan oleh para pembuat Getuk Goreng ini, diantaranya seperti rasa coklat, durian dan lain lain.

Gambar : Getuk Goreng
Getuk Goreng ini sangat mudah kita temukan di sepanjang jalan di Sokaraja, Banyumas. Disana banyak toko oleh – oleh yang menyediakan jajanan khas satu ini. Bagi anda yang berkunjung ke Banyumas, Jawa tengah. Maka kurang lengkap bila belum menikmati atau membawa pulang jajanan khas satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan tentang “Getuk Goreng Jajanan Khas dari Banyumas, Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: