Gudeg Nangka Makanan Tradisional dari Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan makanan tradisional yang terkenal dan dijadikan salah satu icon kuliner di Yogyakarta. Namanya adalah Gudeg Nangka.


Apakah Gudeg Nangka itu?

Gudeg Nangka adalah makanan tradisional terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak selama beberapa jam bersama dengan gula merah dan santan. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Yogyakarta. Di sana gudeg sangat terkenal dan banyak penjual yang menjajakan makanan tradisional satu ini, sehingga Yogyakarta disebut juga dengan “Kota Gudeg”.

Gudeg Nangka ini terbuat dari bahan dasar nangka muda. Nangka muda ini di pilih karena bila dimasak tidak terlalu lembek seperti buah nangka yang matang. Dalam proses pembuatannya, daging buah nangka muda di potong – potong kecil, lalu di masak bersama dengan gula merah, santan dan bumbu khusus lainnya. Untuk memasak gudeng ini membutuhkan waktu beberapa jam, sampai nangka muda tersebut empuk dan bumbunya meresap.

Di sebagian penjual gudeg ini masih ada yang memasaknya menggunakan cara tradisional, yaitu dimasak menggunakan “kuali” yang terbuat dari tanah liat. Menurut mereka memasak menggunakan cara ini bisa memberikan cita rasa yang berbeda dan membuat tekstur Gudeg Nangka ini menjadi empuk dan legit. Namun memasak meggunakan cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama, karena bentuk kuali yang tebal. Untuk memasak menggunakan kuali ini biasanya di masak menggunakan kayu bakar, karena dianggap lebih irit dan mudah dicari.

Dalam penyajiannya, Gudeg Nangka ini biasanya disajikan bersama nasi, ayam goreng, telur rebus, tahu dan tempe. Tidak lupa sajian pelengkap yang sangat khas yaitu sambel goreng krecek. Rasa manis dari Gudeg Nangka yang di padukan dengan rasa gurih dari menu pelengkap ini memberikan rasa yang sangat pas di lidah. Selain itu rasa gurih dan sedikit pedas dari sambel goreng krecek, memberikan cita rasa yang khas pada sajian Gudeg Nangka ini.

Gudeg Nangka ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Gudeg basah dan Gudeg kering. Jenis gudeg ini hampir sama, namun yang membedakan adalah yang berkuah atau yang tidak berkuah. Di Yogyakarta Gudeg Nangka ini awalnya merupakan gudeg basah, namun seiring dengan minat wisatawan yang ingin menjadikan gudeg ini sebagai oleh – oleh maka muncul lah ide dengan membuat gudeg kering ini. Sifatnya yang kering, membuat Gudeg Nangka ini lebih tahan lama dan sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh.

Gambar : Gudeg Nangka
Gudeg Nangka ini sangat mudah kita temukan di Yogyakarta. Salah satu sentra penjualan gudeg adalah di daerah Wijilan, tempatnya tidak terlalu jauh dari kraton Yogyakarta. Disana banyak warung makan yang menjajakan Gudeg Nangka ini. Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta tentu kurang lengkap bila belum menikmati atau membawa pulang makanan tradisional satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Gudeg Nangka Makanan Tradisional dari Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.


CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA ! 

Related Posts: