Manisan Carica Jajanan Khas dari Wonosobo, Jawa tengah

Daerah Dieng tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Namun juga terkenal dengan produk oleh – olehnya yang sangat khas. Namanya adalah Manisan Carica.


Apakah Manisan Carica itu ?

Manisan Carica adalah manisan yang terbuat dari buah carica. Buah carica merupakan buah jenis pepaya yang hidup di dataran tinggi basah. Di Wonosobo buah ini banyak ditanam dan dijadikan produk makanan, salah satunya adalah Manisan Carica. Manisan Carica ini banyak diproduksi oleh masyarakat Wonosobo, khususnya daerah Dieng dan dijadikan jajanan atau oleh – oleh khas dari Dieng, Wonosobo, Jawa tengah.

Buah carica ini sekilas seperti buah pepaya, namun ukurannya lebih kecil. Saat di belah akan terlihat dagingnya yang berwarna kuning dan biji buahnya yang diselimuti lendir. Biji buahnya yang berlendir inilah yang di gunakan untuk membuat sirup manisan karena rasanya yang manis namun sedikit asam dan memiliki aroma yang khas.

Dalam proses pembuatannya, buah carica di kupas kulitnya dan di belah. Kemudian di pisahkan bagian biji yang berlendir dengan daging buahnya. Lalu bagian biji buahnya di rebus dengan campuran air dan gula pasir agar memiliki rasa yang lebih manis.  Setelah matang kemudian di saring bijinya. Pada bagian daging buah dipotong kemudian dicuci bersih agar getahnya hilang. Kemudian daging buah di campurkan dengan sirup manisan lalu dipanaskan sebentar agar sirup manisan meresap pada daging buah dan daging buahnya lebih empuk dan terasa manis. Setelah itu campuran manisan tersebut dimasukan ke dalam kemasan untuk di jual atau bisa di hidangkan secara langsung.

Daging buah carica sebelum di buat manisan memang terasa lebih keras, namun bila sudah di jadikan manisan akan terasa lebih empuk dan kenyal. Selain itu setelah diolah bersama dengan sirup manisan rasa daging buahnya lebih manis. Manisan Carica ini sangat cocok bila di sajikan dalam kondisi dingin, sehingga menambah kesegaran pada Manisan Carica ini. Selain rasanya yang nikmat, Manisan Carica ini juga sangat bergizi, karena mengandung banyak vitamin yang berguna bagi tubuh kita.
Gambar : Buah Carica
Manisan Carica ini sangat mudah kita temukan di Wonosobo, Jawa tengah. Di sepanjang jalan menuju Dieng banyak toko oleh – oleh yang menjual jajanan khas satu ini.  Bagi anda yang berkunjung ke kota Wonosobo atau daerah Dieng, maka kurang lengkap rasanya bila belum menikmati atau membawa pulang Manisan Carica ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Manisan Carica Jajanan Khas dari Wonosobo,Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: