Sate Buntel Makanan Tradisional dari Solo, Jawa tengah

Makanan tradisional satu ini merupakan makanan jenis sate yang khas dari Solo, Jawa tengah. Namanya adalah Sate Buntel.


Apakah Sate Buntel itu?

Sate Buntel adalah makanan jenis sate yang terbuat dari daging kambing yang dicincang dan dibungkus dengan lemak lalu dibakar. Sate Buntel ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Solo, Jawa tengah. Sate Buntel ini tidak hanya unik, tapi juga memiliki rasa yang khas sehingga sangat di gemari oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Sate Buntel ini berbeda dengan sate di indonesia pada umumnya. Apabila sate lainnya menggunakan daging yang di potong kecil, namun pada Sate Buntel ini menggunakan daging yang dicincang lembut. Dalam proses pembuatannya, daging kabing dicincang sampai lembut lalu dicampur dengan bumbu khusus. Setelah bumbu dan daging bercampur kemudian dibentuk kepalan pada tusuk sate yang terbuat dari bambu. Tusuk sate ini lebeh besar dari tusuk sate pada umumnya, agar kepalan daging tersebut bisa menempel pada tusuk satenya. Setelah di bentuk kepalan kemudian di bungkus dengan lapisan lemak daging, lalu di bakar hingga matang dan lapisan lemak meleleh.

Sate Buntel ini biasanya disajikan dengan saus kecap dan beberapa bahan pelengkap seperti irisan tomat, cabe, bawang merah dan kol. Untuk menambah rasa pada saus kecap biasanya di tambahkan merica, sehingga menambah kelezatan pada saus kecap ini. Sate Buntel ini harus disantap ketika masih panas, karena pada saat keadaan masih panas, lemak yang membungkus daging masih meleleh. Sehingga memberikan sensasi yang khas saat menyantapnya. Selain itu apabila sudah dingin, maka lemak tersebut akan kering di sela – sela daging dan rasanya pun sudah berbeda.

Rasa Sate Buntel ini sangat unik, rasa gurih yang di padukan aroma rempah pada bumbu memberikan cita rasa yang khas pada Sate Buntel ini. Sate Buntel ini sangat empuk, karena sudah dicincang lembut sebelumnya, sehingga akan terasa pecah di mulut saat kita menyantapnya. Selain itu bungkusan lemak yang meleleh di daging memberikan sensasi yang khas saat kita menikmatinya.

Gambar : Sate Buntel khas Solo
Sate Buntel ini sangat mudah kita temukan di Solo, Jawa tengah. Disana banyak warung sate yang menyediakan menu Sate Buntel ini. Bagi anda yang berkunjung ke kota Solo, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Sate Buntel Makanan Tradisional dari Solo, Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA! 


Related Posts: