Sate Klatak Makanan Khas dari Bantul, Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan olahan sate yang unik dan sangat khas dari Bantul, Yogyakarta. namanya adalah Sate Klatak.


Apakah Sate Klatak itu?

Sate Klatak adalah salah satu makanan tradisional sejenis sate yang khas dari Bantul, Yogyakarta. Sate satu ini sangat unik dan berbeda dengan sate pada umumnya di indonesia, karena dalam pengolahannya hanya menggunakan bumbu yang sederhana. Walaupun menggunakan bumbu yang sederhana, Sate Klatak ini sangat populer dan menjadi salah satu icon kuliner Yogyakarta, khususnya daerah Bantul.

Tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kecap atau bumbu kacang dalam proses pengolahannya. Dalam proses pembuatannya Sate Klatak ini sangat sederhana, karena bumbu yang digunakan hanya menggunakan garam saja. Sate Klatak ini diolah dengan cara dibumbui garam lalu dipanggang.

Salah satu keunikan dari Sate Klatak ini juga terletak pada tusuk satenya yang terbuat dari besi jeruji pada sepeda. Walaupun begitu, jeruji yang digunakan untuk sate ini ternyata dapat menjadi penghantar panas yang baik, sehingga membuat kematangan daging pada Sate Klatak ini bisa sampai pada bagian dalamnya.

Dalam penyajiannya biasanya disajikan bersama nasi hangat, irisan kol, mentimun, dan tomat. Selain itu juga di sediakan kuah gulai sebagai tambahannya. Dalam satu porsi biasanya terdiri dari dua tusuk sate saja. Walaupun hanya terdiri dari dua tusuk, satu tusuk sate saja isinya cukup banyak. Untuk anda yang lebih suka sambal kecap, biasanya juga disediakan. Namun lebih nikmat bila dinikmati bersama dengan kuah gulai, karena rasa daging yang empuk dan kering di padukan dengan rasa gurih dari kuah gulai tentunya memberikan cita rasa yang khas dan kenikmatan tersendiri.
Gambar : Sate Klatak
Sate Klatak ini sangat mudah kita temukan di daerah kecamatan pleret, Bantul, Yogyakarta. Salah satu tempat yang banyak penjualnya adalah di daerah Pasar Jejeran. Disana biasanya banyak penjual yang hanya menjajakan pada malam hari. Namun anda tidak perlu khawatir, di daerah pleret juga banyak warung khusus menjajakan Sate Klatak ini yang buka dari pagi sampai malam. Untuk anda yang berkunjung ke Yogyakarta, Sate Klatak ini tentu bisa jadi pilihan bagi anda dalam menikmati makanan khas dari Yogyakarta.

Cukup sekian pengenalan tentang “Sate Klatak Makanan Khas dari Bantul,Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.


YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: