Sroto Sokaraja Makanan Tradisional dari Banyumas, Jawa tengah

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal dari Banyumas, Jawa tengah. Namanya adalah Sroto Sokaraja.


Apakah Sroto Sokaraja itu?

Sroto Sokaraja adalah sajian soto yang khas dari Sokaraja, Banyumas. Walaupun merupakan hidangan soto namun di Banyumas makanan ini dikenal dengan Sroto Sokaraja. Sroto Sokaraja ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di indonesia, sehingga menjadi kuliner andalan bagi masyarakat Banyumas, Jawa tengah.

Yang menjadi ciri khas dan yang membedakan Sroto Sokaraja dari soto yang lain adalah penggunaan ketupat dan sambal kacang pada sotonya. Selain itu Sroto Sokaraja ini juga menggunakan krupuk yang khas pada penyajiannya, yaitu “krupuk cantir”. Krupuk cantir ini biasanya berwarna merah atau putih. Selain warnanya yang unik, rasa dari krupuk cantir ini juga sangat khas sehingga memberikan cita rasa yang khas juga pada Sroto Sokaraja ini.

Sroto Sokaraja ini dalam proses pembuatanya hampir sama dengan soto pada umumnya. Kuah yang digunakan terbuat dari kaldu yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga memberikan cita rasa yang khas. Selain itu kuah pada Sroto Sokaraja ini cenderung lebih bening dan berwarna kekuningan. Sroto Sokaraja ini biasanya disajikan dalam mangkuk. Dalam penyajiannya, ketupat dipotong kecil dan ditaruh ke dalam mangkuk. Ketupat yang digunakan pada Sroto Sokaraja ini biasanya menggunakan ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda. Sehingga memiliki tekstur dan rasa yang khas pada ketupat ini. Selanjutnya, ditambahkan taoge dan irisan seledri lalu disiram dengan kuah dan ditaburkan bawang goreng.

Selain itu tidak lupa ditambahkan bahan yang menjadi ciri khas dari Sroto Sokaraja ini, yaitu sambal kacang dan kerupuk cantir. Untuk sambal kacang ini biasanya ada yang menyajikan dengan dicampur kuah, namun ada juga yang terpisah. Untuk menambah rasa anda bisa menambahkan sambal, kecap dan perasan jeruk nipis. Tentunya disesuaikan dengan selera kita. Sroto Sokaraja ini sangat cocok dihidangkan selagi panas. Rasa gurih yang dipadukan dengan rasa manis dari sambal kacang memberikan citarasa dan khas pada Sroto Sokaraja ini.

Gambar : Sroto Sokaraja
Sroto Sokaraja ini sangat mudah kita temukan di Banyumas, khususnya di daerah Sokaraja atau di Purwokerto. Disana banyak warung soto yang menjajakan Sroto Sokaraja ini. Bagi anda yang berkunjung ke Banyumas, Jawa tengah, maka kurang lengkap rasany bila belum menikmati Sroto Sokaraja ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Sroto Sokaraja Makanan Tradisional dari Banyumas, Jawa tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: