Tempe Benguk Makanan Tradisional dari Kulon Progo, Yogyakarta

Makanan ini merupakan salah satu jajanan pasar yang sangat khas dari Kulon Progo, Yogyakarta. Namanya adalah Tempe Benguk.


Apakah Tempe Benguk itu?

Tempe Benguk adalah olahan makanan sejenis tempe yang terbuat dari kacang benguk atau kacang koro. Bentuknya hampir sama dengan tempe kedelai, hanya saja kacang benguk ukurannya lebih besar dan memiliki rasa yang sangat khas. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional di Yogyakarta, khususnya daerah Kulon Progo.

Benguk sendiri merupakan tanaman jenis kacang – kacangan yang tumbuh secara merambat. Tanaman kacang benguk ini bisa tumbuh di semua tempat di dataran rendah atau di dataran tinggi. Untuk menanamnya tidak memerlukan cara khusus, melainkan hanya di tanam di tanah kosong dan dibiarkan hidup dengan sendirinya. Dalam Tempe Benguk ini bahan yang digunakan adalah biji kacangnya. Bentuk kacanganya sedikit lonjong dan pipih, biasanya memiliki warna kehitaman.

Dalam membuat Tempe Benguk ini hampir sama dengan membuat tempe pada umumnya, namun membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan kehati – hatian. Dalam proses pembuatannya, tempe harus direndam terlebih dahulu selama sekitar 2 hari. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau apek pada kacang benguk dan membuat kacang lebih lunak. Setelah itu kacang kemudian di rebus sampai matang dan didinginkan. Kemudian kacang tersebut di campur dengan ragi dan di bungkus menggunakan daun hingga tempe benar – benar jadi.

Tempe Benguk ini bisa dibuat makanan dengan cara di goreng dengan  bumbu atau di goreng tepung seperti mendoan. Namun di Kulon Progo sendiri, Tempe Benguk ini sering dimasak menjadi besengek.  Besengek sendiri merupakan cara olahan Tempe Benguk dengan cara seperti di bacem, namun menggunakan santan. Dalam proses pembuatannya, tempe direbus terlebih dahulu hingga empuk dan di buang airnya bila sudah empuk. Kemudian di masak bersama dengan santan dan bumbu khusus hingga meresap dan santannya mengental.

Besengek Tempe Benguk ini biasanya paling pas bila disajikan selagi hangat. Rasanya yang gurih dari santan dan aroma rempah pada bumbu memberikan cita rasa yang khas pada makanan satu ini. Bagi anda yang suka makanan pedas, besengek Tempe Benguk ini sangat cocok bila di santap bersama dengan cabai rawit. Selain itu Tempe Benguk ini memiliki tekstur yang sangat unik, walaupun empuk namun tetap memiliki rasa renyah pada kacangnya, sehingga memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.
Gambar : Besengek Tempe Benguk
Olahan Tempe Benguk ini sangat mudah kita temukan di pasar – pasar tradisional di Kulon Progo, Yogyakarta. Walaupun masih jarang warung makan yang menjajakan khusus makanan ini, namun Tempe Benguk tetap menjadi salah satu jajanan pasar yang sangat di minati bagi masyarakat kulonprogo. Nah bagi anda yang berkunjung ke Kulon Progo, makanan ini tentu tidak boleh ketinggalan untuk dinikmati.

Cukup sekian pengenalan tentang “Tempe Benguk Makanan Tradisional dari Kulon Progo, Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.


YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !

Related Posts: