Tengkleng Makanan Tradisional dari Solo, Jawa tengah

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan khas dari Solo yang sangat terkenal di indonesia. Namanya adalah Tengkleng.


Apakah Tengkleng itu?

Tengkleng adalah makanan yang berbahan dasar tulang belulang dan tetelan kambing. Makanan ini hampir sama seperti gulai, namun kuahnya kebih bening dan rasanya lebih pedas. Tengkleng ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Solo, Jawa tengah.

Salah satu keunikan Tengkleng ini terletak pada bahan dasarnya, selain tulang belulang dan tetelan, ada juga yang menggunakan bahan seperti jeroan, dan ada juga yang menggunakan bagian kepala kambing. Tengkleng ini di olah dengan cara khusus, sehingga daging yang menempel pada tulang kambing tersebut tidak alot dan mudah lepas. Selain itu kuahnya juga terbuat dari bumbu khusus, sehingga memiliki cita rasa yang khas. Kuah dari Tengkleng ini hampir sama dengan gulai, namun cenderung lebih bening karena tidak menggunakan santan. Aroma rempah pun sangat terasa pada kuah tersebut, sehingga memberikan citarasa yang khas pada makanan satu ini.

Tengkleng ini biasanya di sajikan selagi hangat bersama dengan nasi. Untuk menyantapnya ada yang menggunakan sendok, namun kebanyakan orang  menyantapnya menggunakan tangan telanjang. Walaupun daging yang menempel pada tulang ini mudah lepas dan tidak alot, namun menyantapnya dengan cara seperti itu juga akan menambah sensasi tersendiri. Selain daging yang menempel pada tulang, kita juga bisa menikmati sumsum pada tulang dengan cara menyedotnya. Kuah yang masuk ke tulang bercampur dengan sumsum tersebut memberikan sesasi tersendiri saat menyantapnya.

Tengkleng ini sangat mudah kita temukan di Solo dan sekitarnya, di sana banyak warung makan yang menyediakan Tengkleng ini. Beberapa warung Tengkleng yang terkenal diantaranya seperti Warung Mbok Galak, Warung Mbak Diah, dan lain - lain. Setiap warung makan tentunya memiliki ciri khas tersendiri dalam rasa dan penyajiannya.

Gambar : Tengkleng khas Solo
Bagi anda yang ingin menikmati Tengkleng yang masih tradisional anda juga bisa menemukannya di pasar tradisional seperti di Pasar klewer, Solo. Salah satu keunikan penyajian Tengkleng di pasar tradisional adalah disajikan dengan cara di pincuk atau menggunakan daun pisang, sehingga nuansa tradisional sangat terasa. Nah bagi anda yang berkunjung ke kota Solo, Jawa tengah. Tentu kurang lengkap rasanya bila belum mampir menikmati makanan tradisional satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang “Tengkleng Makanan Tradisional dari Solo, Jawa tengah”. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di indonesia.

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA !


Related Posts: