Ayam Goreng Kalasan Makanan Khas dari Sleman, Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan olahan masakan ayam goreng yang khas dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Namanya adalah Ayam Goreng Kalasan.

Apakah Ayam Goreng Kalasan itu?

Ayam Goreng Kalasan adalah salah satu jenis olahan ayam goreng yang khas dari daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Keistimewaan dari Ayam Goreng Kalasan ini adalah rasa ayamnya yang gurih dan kramesan yang sangat khas. Karena rasanya yang khas, Ayam Goreng Kalasan ini menjadi salah satu kuliner yang sangat disukai oleh masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Rasa khas dari Ayam Goreng Kalasan ini tidak lepas dari campur tangan Mbok Berek, seorang yang pertama kali memperkenalkan ayam goreng ini. Menurut beberapa sumber, Mbok Berek pertama kali memperkenalkannya lewat warung makan kecil miliknya di daerah Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, tepatnya di pinggir jalan Jogja – Solo. Karena rasanya yang unik dan beda dengan ayam goreng lainnya di masa itu, ayam goreng Mbok Berek ini sangat diminati oleh masyarakat disana. Bahkan pada tahun 1950an, Presiden Soekarno pun pernah mampir ke Rumah Makan Mbok Berek ini

Karena banyaknya pembeli, Mbok Berek mulai memperkerjakan warga sekitar. Namun pada tahun 1960an, Warung Makan Mbok Berek pun mengalami kebangkrutan. Tidak hanya sampai disitu, setelah mengalami kebangkrutan, bisnis Ayam Goreng Mbok Berek akhirnya di teruskan oleh para pekerjannya dengan membuat warung makan sendiri. Dari situlah mulai banyak yang memproduksi ayam goreng ini dan mulai dikenal masyakakat luas dengan sebutan Ayam Goreng Kalasan hingga sekarang.

Keistimewaan dari Ayam Goreng Kalasan ini adalah rasa kremesnya yang krispi dan gurih. Rasa krispi dari kramesan itu terbuat dari adonan tepung kanji, sehingga menghasilkan kremesan yang renyah dan tidak keras. Untuk ayam yang di gunakan biasanya adalah ayam kampung yang di bumbui dengan garam dan bawang. Walaupun bumbu yang di gunakan terbilang sederhana, namun dapat menghasilkan rasa gurih yang pas pada ayam goreng ini. Selain itu ayam tersebut di masak dengan cara khusus sehingga menghasilkan daging yang empuk dan dan memiliki kematangan yang sempurna.

Ayam Goreng Kalasan ini biasanya disajikan dengan lalapan seperti mentimun, daun kemangi, dan irisan kol. Selain itu juga sambel khusus yang dibuat untuk menemani menyantap ayam goreng ini. Untuk satu porsi ayam goreng ini berisi satu ekor ayam goreng tanpa cakar dan jeroan. Ayam Goreng Kalasan ini sangat cocok di sajikan selagi hangat bersama nasi hangat pula. Untuk kremesan biasanya di disajikan secara terpisah, sehingga kita bebas menggunakannya sesuai selera.
Gambar : Ayam Goreng Kalasan
Ayam Goreng Kalasan ini sangat mudah kita temukan di daerah Kalasan, Sleman, Yogyakarta. tepatnya sepanjang pinggiran jalan jogja – solo sebelum candi prambanan. Disana banyak terdapat warung makan Ayam Goreng Kalasan. Nah bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, Ayam Goreng Kalasan ini bisa menjadi salah satu pilihan, untuk anda saat ingin menikmati kuliner khas dari Yogyakarta.

Cukup sekian pengenalan tentang “Ayam Goreng Kalasan Makanan Khas dari Sleman, Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: