Jadah Tempe Jajanan Khas dari Sleman, Yogyakarta

Makanan satu ini merupakan salah satu jajanan khas dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Namanya adalah Jadah Tempe.

Apakah Jadah Tempe itu?

Jadah Tempe adalah penyajian antara dua jenis makanan yaitu Jadah dan Tempe bacem, yang dinikmati secara bersamaan. Perpaduan makanan ini tentunya menghasilkan rasa yang unik dan sangat khas. Jadah Tempe ini sangat mudah kita temui di daerah wisata Kaliurang, karena rasanya yang khas dan sangat diminati oleh pengunjung, makanan ini menjadi salah satu jajanan khas dari Sleman, Yogyakarta.

Jadah sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ketan dengan campuran kelapa dan memiliki rasa yang gurih. Dalam proses pembuatannya, beras ketan di rendam terlebih dahulu, setelah iti di cuci sampai bersih. Setelah di cuci kemudian ditumbuk sampai halus bersama dengan parutan kelapa hingga bercampur dan menyatu. Setelah adonan tersebut sudah tercampur, kemudian di bentuk persegi panjang dan pipih. Dan terakhir adonan Jadah tersebut dikukus hingga matang.

Sedangkan Tempe yang digunakan sebagai pendamping Jadah adalah Tempe bacem, yaitu Tempe yang diolah dengan cara dibacem lalu di goreng. Dalam proses pembuatannya, Tempe di potong sesuai ukuran lalu di rendam ke dalam air baceman yang sudah dibumbui.  Pada proses pembaceman ini biasanya membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dilakukan agar bumbunya bisa meresap lebih dalam dan rasanya bisa merata. Setelah itu Tempe bacem tersebut di goreng. Makananan ini sangat nikmat disajikan dan disantap bersama selagi hangat sehingga sangat cocok untuk menemani anda menikmati hawa dingin dan pemandangan indah wisata Kaliurang.

Yang menjadi keistimewaan dari Jadah Tempe ini adalah perpaduan dua rasa yang berbeda dari Jadah dan Tempe bacem. Rasa gurih dari Jadah dan rasa manis dari Tempe bacem ini tentunya memberikan cita rasa yang khas pada makanan ini. Selain itu tektur Jadah yang kenyal dan lembut, dipadukan dengan Tempe bacem yang memiliki tektur sedikit kasar dan legit akan menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.
Gambar : Jadah Tempe
Bagi anda yang berwisata ke Yogyakarta, anda bisa menemukan Jadah Tempe ini di daerah wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Disana banyak penjual yang menjajakan jajanan khas satu ini, salah satu yang sudah terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik. Selain itu anda juga bisa bisa menemukannya di pasar tradisional di daerah Sleman, karena makanan ini awalnya merupakan salah satu makanan tradisional, sehingga banyak juga yang masih menjajakan makanan satu ini. Nah, bagi anda pecinta kuliner yang berkunjung ke Sleman, Yogyakarta, Jadah Tempe ini bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menikmati kuliner tradisional di Yogyakarta. 

Cukup sekian pengenalan tentang “Jadah Tempe Jajanan Khas dari Sleman,Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: