Kopi Joss Minuman Khas dari Yogyakarta

Minuman satu ini merupakan salah satu kreasi penyajian kopi yang khas dari Yogyakarta. Namanya adalah Kopi Joss.

Apakah Kopi Joss itu?

Kopi Joss adalah jenis penyajian kopi yang diseduh dengan air panas dan dimasukan bongkahan arang panas yang berwarna merah. Jenis penyajian ini memang unik, namun menghasilkan cita rasa yang khas pada kopi tersebut. Kopi Joss ini sangat terkenal di Yogyakarta dan menjadi salah satu minuman yang dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Minuman ini disebut Kopi Joss karena saat arang panasnya dimasukan ke dalam kopi panas tersebut akan menimbulkan suara “joss”. Sehingga banyak yang menyebutnya dengan Kopi Joss. Proses pembuatan Kopi Joss ini terbilang sederhana dan sangat unik. Pertama seduh kopi bubuk dan gula dengan air panas. Untuk takaran kopi dan gulanya disesuaikan dengan selera kita, lalu diaduk sampai rata. Setelah itu tambahkan arang panas yang masih berwarna merah kedalam segelas kopinya dan disajikan.

Penyajian Kopi Joss ini memang unik karena menggunakan arang yang dicelupkan ke dalam kopi. Namun jangan khawatir, arang yang digunakan merupakan arang khusus sehingga masih bersih dan hanya digunakan sekali pakai saja. Yang menjadi keistimewaan Kopi Joss ini adalah aroma yang khas ditimbulkan oleh arang yang dicelupkan ke dalam kopi tadi. Selain itu rasanya pun terasa seperti kopi yang dibakar sehingga menimbulkan rasa yang khas. Aroma dan rasanya yang unik ini lah yang menjadikan Kopi Joss sangat terkenal, tidak hanya di Yogyakarta, namun juga di Indonesia.
Gambar : Penyajian Kopi Joss
Kopi Joss ini sangat cocok untuk menemani anda bersantai di malam hari sambil menikmati suasana kota yang tak pernah mati ini. Minuman ini bisa kita kita temukan di daerah Malioboro atau daerah Stasiun Tugu, salah satu yang terkenal adalah “Angkringan Lik Man”, terletak di sebelah utara Stasiun Tugu. Selain itu juga banyak angkringan yang menyediakan minuman ini dan rasanya tidak jauh berbeda karena resep membuatnya yang sama.

Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menyempatkan diri untuk menikmati segelas kopi yang unik dan nikmati ini. Nah, cukup sekian pengenalan tentang “Kopi Joss Minuman Khas dari Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!


Related Posts: