Ludruk Kesenian Tradisional Dari Jawa timur

Kesenian satu ini merupakan salah satu kesenian theater tradisional yang terkenal dari Jawa timur. Namanya adalah Ludruk.

Apakah kesenian Ludruk itu?

Ludruk adalah pertunjukan seni theater tradisional yang berasal dari Jawa timur. Ludruk ini biasanya dipentaskan oleh satu grup kesenian di panggung besar yang di dalamnya terdapat beberapa pemain. Cerita yang dibawakan pada pementasan Ludruk biasanya merupakan cerita rakyat sehari – hari yang diselingi dengan lawakan, bahkan kritik sosial. Kesenian ini sangat popular di Jawa timur dan menjadi salah satu warisan kesenian tradisional yang masih ada hingga sekarang.

Kesenian Ludruk ini sekilas hampir sama dengan kesenian ketoprak. Yang membedakan kesenian Ludruk dan ketoprak adalah cerita yang dibawakannya. Kesenian ketoprak sendiri biasanya mengangkat cerita tentang kehidupan istana atau cerita legenda. Berbeda dengan kesenian Ludruk yang biasanya mengangkat cerita tentang kehidupan masyarakat sehari – hari dan di selingi dengan lawakan dan kritik sosial. 

Cerita yang diangkat tersebut biasanya dibawakan dengan bahasa Jawa timur, sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh para penonton disana. Namun apabila pertunjukan diselenggarakan untuk umum atau luar daerah, biasanya juga diselingi dengan bahasa Indonesia agar mudah dimengerti. Dalam pertunjukan Ludruk ini sebernarnya tidak ada pakem yang pasti mengenai pertunjukan, jumlah pemain, jumlah babak dan jalan cerita yang dibawakan, karena pertunjukan ini hanya bersifat hiburan bagi masyarakat.

Salah satu keistimewaan pemain Ludruk ini adalah dia harus memiliki kemampuan untuk berimprovisasi dan dapat mengembangkan cerita. Terkadang pemain Ludruk hanya diberikan tema dan garis besar cerita saja, namun mereka dapat mengembangkan cerita dengan selipan lawakan yang membuat suasana pertunjukan meriah dengan tawa dari penonton dan tidak membosankan.

Ludruk biasanya dipentaskan di panggung besar dengan latar belakang yang sudah dibuat sesuai dengan cerita yang akan dibawakan. Begitu juga dengan kostum yang digunakan, kostum tersebut juga disesuaikan dengan peran masing – masing. Hal itu dilakukan agar terlihat menarik dan dapat menyatu dengan cerita. Dalam pertunjukan Ludruk ini diawali dengan tari remo, berbeda dengan pertunjukan tari remo pada umumnya, pada pembukaan pertunjukan Ludruk ini biasanya hanya dibawakan oleh seorang penari saja. Setelah memasuki cerita, pertunjukan Ludruk ini juga diiringi oleh iringan gamelan, sehingga pertunjukan dapat lebih hidup dan meriah.
Gambar : Petunjukan Ludruk
Ludruk ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang sangat terkenal di Jawa timur. Sebagai warisan kesenian tradisional tentu wajib untuk dijaga eksistensinya. Dalam perkembangannya, walaupun tergolong kesenian klasik, namun kesenian Ludruk ini masih tetap di lestarikan dan sering dipentaskan di daerah – daerah bahkan TV lokal di Jawa timur. 

Cukup sekian pengenalan tentang “Ludruk Kesenian Tradisional Dari Jawa timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: