Sego Abang Makanan Khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta

Jenis nasi yang satu ini berbeda dengan nasi pada umumnya dan merupakan salah satu makanan khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Namanya adalah Sego Abang.

Apakah Sego Abang itu?

Sego Abang atau Nasi merah adalah makanan jenis nasi berwarna merah yang diproduksi dari hasil pertaninan ladang tadah hujan. Nasi merah ini memiliki ciri khas warna merahnya yang alami dan memiliki rasa yang sangat khas bila sudah dimasak. Sego Abang ini banyak kita temukan didaerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena  rasanya yang unik, Sego Abang ini sangat diminati oleh masyarakat atau para wisatawan yang datang kesana, sehingga dijadikan salah satu makanan khas di sana.

Jenis padi merah ini bisa tumbuh subur di daerah pertanian ladang tadah hujan, salah satunya di daerah Gunung Kidul. Daerah Gunung Kidul yang memiliki curah hujan yang rendah dan memiliki jenis tanah berbatu, menyebabkan hanya padi tadah hujan lah yang dapat tumbuh subur di daerah ini. Jenis padi tadah hujan yang dapat menghasilkan padi berwarna merah ini diantaranya jenis padi Gogo, Segren, atau Mendel. Untuk penanaman dan umur tanamnya hampir sama dengan padi pada umumnya, tetapi produktivitasnya lebih rendah dibanding padi pada umumnya, sehingga harga jualnya pun lebih tinggi. 

Untuk menjaga kualitasnya, biasanya pada proses panen padi, pengolahan beras, dan memasaknya masih dilakukan dengan menggunakan cara tradisional. Pada proses panen, biasanya dilakukan dengan menggunakan Ani – ani, yaitu alat yang digunakan untuk memanen dengan cara memotong batang padi secara per helai. Hal ini dilakukan agar padi yang dipanen tidak mudah rontok atau jatuh ke tanah. Untuk menjadikan beras, biasanya dilakukan dengan cara ditumbuk. 

Dalam proses memasaknya pun dilakukan dengan cara tradisional, Biasanaya Sego Abang ini dimasak dengan menggunakan Tungku yang terbuat dari tanah liat dan mengunakan kayu bakar. Pertama beras merah diaru terlebih dahulu, kemudian ditanak menggunakan kukusan yang terbuat dari ayaman bambu. Dengan memasak menggunakan cara ini akan menghasilkan rasa nasi yang lebih gurih dan lunak, namun tidak terlalu lembek.

Sego Abang ini biasanya disajikan bersama dengan menu “Sayur Lombok Ijo”. Sayur Lombok ijo sendiri merupakan masakan sayur berkuah santan yang di dalamnya terdapat potongan cabai hijau, tempe kedelai dan kacang panjang. Selain itu juga ada menu tambahan seperti  daging sapi bacem/ goring, babat bacem/ goring, ikan wader goreng dan urap trancam. Perpaduan rasa dari menu - menu tersebut tentunya sangat cocok untuk menemani menyantap Sego Abang. Selain rasanya yang khas, Sego Abang ini juga kabarnya kaya akan serat sehingga baik untuk di konsumsi. 
Gambar : Sego Abang
Sego Abang ini banyak kita temukan di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Disana banyak warung makan Sego Abang dengan ciri khas yang berbeda - beda. Selain pada penyajian menu, sebagian warung Sego Abang yang terkenal, juga membuat suasana warung makan mereka dengan nuansa pedesaan, lengkap dengan suguhan pemandangan alamnya. Sehingga selain bisa menikmati menu Sego Abang tersebut, pengunjung juga bisa sambil menikmati pemandangan alam Gunung Kidul. Bagi anda yang berkunjung ke Gunung Kidul, Sego Abang ini bisa menjadi pilihan tepat bagi anda, untuk menikmati kuliner khas Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Cukup sekian pengenalan tentang “Sego Abang Makanan Khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Related Posts: